Dibalik Dapur JambanBlogger : Reinkarnasi



Salah satu hal yang membuat hati gue berantakan sepanjang gue menulis di Blog adalah Bubarnya forum RumahBlogger bentukan BenaKribo yang mulai dirintis kira-kira 2008-2009. Forum yang mempertemukan gue kepada banyak Blogger-blogger keren. Walau saat itu cuma sebatas online sih. menjalin pertemanan mulai dari friendster masih meraja lela di warnet dan masih awet hingga twitter nempel di smartphone.

Pada saat itu, RumahBlogger sering banget ngadain kopdar di Jakarta dan Bandung. Gue pernah bercita-cita. Suatu hari nanti gue juga mau ikutan kopdar. Tapi. Setelah lama berlalu. Gue punya kesempatan lebih karena gue merantau ke Malang. Forumnya malah bubar.

Banyak kenangan tentang RumahBlogger sayangnya. Sitenya udah shutdown. Semua memori itu akhirnya terkubur bareng server yang dimatikan. Namun semangat untuk bisa bertemu dengan Blogger-blogger hebat diluar sana masih membara besar di hati gue. Oleh karena itu, meskipun forumnya udah bubar. Banner RumahBlogger masih gue pajang di Blog ini. Bahkan blog gue yang dulu sebelum gue pindah disini -adhie132.blogspot.com gue hidupin lagi. kali aja temen-temen lama di rumahblogger masih ada yang nyariin gue. Harapannya sih gitu.

Sekarang banyak sih forum-forum baru bermunculan. Mayoritas di facebook.  Dari sekian banyak forum, rata-rata syarat joinnya. Syarat saat berada diforum, kalo gabung disana ga  boleh gabung disinilah.. ga boleh temenan ama itulah, nyuruh ngebully inilah.. nyinyirin itulah.. ini itu. Ribet. Dan kebanyakan forum blogger facebook itu, hanya dipakai sebagai  ajang promo doang.

Dan yang nggak sreg dihati gue adalah –kubu-kubuan. Gue miris dengar istilah. “gue blogger ABC.. gue blogger XCV.. gue blogger DFG musuhan ama ABC”  Gue menganut bahwa apapun forum kita. Kita itu satu. Blogger.

Gue nggak melihat ada semangat yang sama dengan Blogger-blogger di RumahBlogger, ,membuat forum untuk berbagi, bukan membuat kubu. sontak gue nggak punya niat sama sekali untuk gabung ama forum lagi setelah RumahBlogger Shutdown.

Sampai akhrinya gue bertemu dengan Hena Wirasatya aka @sintingg



Suatu hari Hena ngeBBM gue setelah kita sering ketemuan membahas banyak hal tentang menulis dan Blog. Awalnya dia adalah seorang admin dari grup Blogger Facebook bernama Pouwrix Blogger (gue lupa ejaannya gimana) saat itu PB udah mau shutdown. Sepi peminat dan digilas oleh forum blogger lain yang lebih besar.

“aku mau bikin forum Blogger Dy..” katanya saat itu
“bikin forum lagi?”
“iya.. namanya JambanBlogger”

Gue mau nahan ketawa. What? Jamban? Tempat eek itu? Nggak ada nama lain yang lebih menarik gitu? Hal ini menggelitik gue dan akhirnya melahirkan sebuah pertanyaan.

“kenapa namanya jamban?”

Saat itu Hena juga bingung. “gak tau ya. Yang keluar di kepala aku itu. Biar unik aja..”
Hmm unik, kata kuncinya Unik. Pertanyaan selanjutnya adalah.. apa uniknya?

Gue bilang ama Hena gue nggak mau ikutan forum. Menurut gue entar endingnya sama aja kayak forum lain. Cuma jadi tempat promo postingan. “ya udah nggak papa gak mau gabung, tapi ikutan siaran di Radio aja gimana?” kata Hena

Siaran? Radio?

Untuk mempromoin Forumnya, Hena nyepik sana-sini radio lokal yang mau ngasi space waktu buat dia Promo tentang forumnya. Nyoba nawarin ke Radio A, ditolak. Nyoba nawarin Radio B, ditolak. Hingga akhirnya kita diterima di Mfm radio malang dengan durasi kontrak 3 bulan percobaan. Awalnya sepi pake banget. hingga akhirnya banyak yang tertarik dengan materi siaran kita. Respon juga baik. Dan kita JambanBlogger mendapat kontrak baru lagi untuk 3 bulan tambahan. Ditambah dengan hadirnya Boncel (rizkyboncell). Siaran jadi tambah gila. Yang dengerin makin banyak

Makin kesini JambanBlogger betumbuh. Forum makin kompleks. Dan nggak hanya itu. JambanBlogger mulai dilirik banyak Blogger besar yang akhirnya memutuskan untuk bergabung. Salah satunya Kevin Anggara dan Bena Kribo. Perintis Rumah Blogger.

Gue iseng buka forum si sitenya JambanBlogger. Not bad, pikir gue. Somehow. Beberapa bagian dari site ini mengingatkan gue pada RumahBlogger. Tampilannya. Model forumnya. But. Tunggu. Gue melihat sesuatu yang menarik.

Gue nggak Cuma melihat tampilan yang mengingatkan gue dengan RumahBlogger. Namun juga semangat dari anggotanya. Semangat menjalin pertemanan. Semangat buat ngeblog. Nyaris sama dengan RumahBlogger.

Di Malang, gue dan Hena mencoba menggalakan sebuah offline gathering Blogger. Yang kita kasi nama #kumpulKeblog. Acara rutin ngobrol bareng. Biasanya kita lakukan sehabis siaran di Mfm. Awalnya Cuma berdua ama Hena kayak homo. Makin kesini makin banyak. Bertiga ama boncel, berempat ama Mamanism. Dan sekarang Studio Mfm udah rame kayak pasar.

#kumpulkeblog ga Cuma di Malang. Kemaren gue denger Kevin dan kawan-kawannya bikin #kumpulkeblog juga di Jabodetabek. Gue liat di twitter, bandung pengen bikin juga.
Jujur.. Dalam hati gue terharu.

Gue melihat JambanBlogger seolah reinkarnasi dari RumahBlogger namun dalam bentuk yang lebih baik.


Nugraha Adi Putra sign up JambanBlogger. Juni 2013
Username : Adygila


19 Comments

  1. Gue join dari April kalo nggak salah, diajakin Hena juga. Kalo ke forum, cari aja yg usernamenya: absurd. Hehe. Ke depannya, semoga makin rame dan makin baik. Ciao!

    BalasHapus
  2. Just joined, nih. Mohon bimbingannya ya, kakaaak.

    BalasHapus
  3. Gue terharu bacanya. Aslik.. Semoga Jamban Blogger bisa jadi kaya keluarga ya..bukan sekedar komunitas blogger buat promo blog doank.. Aminn.. Malang udah semangat bangun JB, Jabodetabek pun demikian.. Dan sepertinya kota-kota lain pun sama.. Thkz adi buat postingannya.. Semoga JB semakin lebih dan lebih baik terus. Amin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin! salut dan semoga kompak terus yang di Jakarta

      Hapus
  4. Gue baru memasuki dunia per-blogging-an. Belom tau, komunitas rumahblogger kayak apa konsepnya. Maklum, masih awam! Hehe. Jujur, gue telah banyak memasuki group blogger. Gak banyak juga sih, cuma tiga. Tujuannya untuk memperluas temen sesama blogger. Kalo di dunia nyata, gue jarang menemukan orang yang suka nge-blog. Nah, makanya gue cari temen yang sesuai.

    Iya, ngerasa indah aja gitu, kalo tulisan gue dibaca. Terus, dipuji ataupun dikritik.

    Ngomongin soal jambanblogger. Gue gak nyangka, perkembangannya udah pesat banget. Udah semakin eksis! Apalagi ditambah sama benakribo yang udah join di JB. Pokoknya, makin gila tuh forum! Ya, semoga JB semakin jaya ya, dan semakin bisa lebih baik di kancah dunia blog. Karena gue termasuk anggotanya, istilah ikut keciprata ketjeh. :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga makin pesat perkembangannya. tapi yang paling penting semoga makin solit ya, jangan musuh-musuhan

      Hapus
  5. Hehe. Gue juga udah beberapa kali nyoba masuk forum blogger gitu, dan, rata-rata saling menjatuhkan. Sama kayak yang elu bilang. Padahal kan kita satu, men. Manusia. Dan blogger. Dan Indonesia. Ngapain ribut. Mudah-mudahan yang ini engga, ya.
    Salam kenal, Di. Nama. Gue. Juga. Adi.

    BalasHapus
  6. sebenarnya gak terlalu ngerti masalah kayak ginian sih soalnya baru masuk dunia blog.. gue nyoba masuk2 forum blogger gitu cman pengen nambah wawasan aja, dan setelah gue liat kayaknya emang rata2 saling menjatuhkanlah, ngomongin yang gak pentinglah, dll. jadi penasaran nih,pengen mengenal JB lebih dalem :D

    BalasHapus
  7. Duh,,, jadi kangen ngumpul lagi dengan kalian... :(

    BalasHapus
  8. nah ini nih pas sabtu tanggal 23 Nov. kemaren katanya mau #kumpulkeblog gua datang jan 01:30 ke MFM lahh acaranya udah bubuar.. apa banget guanya.. kata @sophiamega karena si hena sakit jadi sehabis siaran gak ada acara kumpul-kumpul.. apes deh..
    *curcol

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAI MAS ANGGA :---) Tanggal 21 ikutan siaran yuuuuk, biar M FM makin kayak pasar.

      Hapus
  9. belum pernah ikut #kumpulkeblog , minggu depan kalo ada ikut ah :D

    BalasHapus
  10. huhu inget rumahblogger jadi sedih :((
    dulu sering ngumpul, bahkan pernah sampai jalan-jalan ke bandung bareng dan ketemu sama temen2 blogger bandung.

    tp lama-lama sepi karena manusianya udah berkembang kali ya, kayak gue dan mungkin orang2 lain yang makin lama makin sibuk dengan urusan di luar blog.
    tp lama-lama jadi kangen. sekarang tuh gue nge-blog sebatas nulis apapun yg mau gue tulis. udah jarang juga nemu blog yg bisa di-blogwalk-ing selain temen2 yang dulu (dan sedihnya mulai jarang update juga).

    semoga jambanblogger bisa bertahan lebih lama dan nambah banyak membernya yaa (menuju tkp gan)

    BalasHapus
  11. "forum blogger facebook itu, hanya dipakai sebagai ajang promo doang." <--- Nah ini bener banget, yang ada kita sesama blogger bukannya saling bebenah, saling belajar dan saling kenal. Yg ada cuma promo doang, sayang banget.

    Pengen nangis nih baca ini *halah*. Moga Jamban Blogger gak cuma makin gede aja, tapi emang bener2 bikin blogger Indonesia jadi makin berkembang ke arah yang baik. Makin kece. Karena aku yakin sih kalo Jamban Blogger bisa jadi forum yang gede. Semangaaaaaaat :))

    BalasHapus
  12. googling keyword Jamban Blogger nemu post ini. Salam kenal kalo belum kenal, dari Tiwi :)
    *salim sama sepuh :p*

    BalasHapus

Dikomen boleh. dipipisin yang jangan