Tips presentasi biar makin asoy

Presentasi udah makanan sehari-hari kita para mahasiswa. Apalagi mahasiswa akuntansi. Tapi problemnya buat yang kagak kebiasa ngomong depan banyak orang bawaannya gugup, kaku, dan membosankan. Seolah-olah semua ngeliat kita kayak pengen ngebantai kita terus mutilasi badan jadi banyak sebelum dikiloin. Kebanyakan presentasi bawaannya jadi boring abis. Yang ngeliat kita presentasi kayak ngarep. “andai aja gue bawa kantung tidur dari rumah”.. zzzzz

Yip tapi jangan khawatir sob. gue punya tips dan trik biar presentasi lo look fresh and smart! –dengan cara licik tentunya. Hihihi. Yuk mari disimak.

source

1. make a power point, not a power text!

Kita pake aplikasi umum aja ya buat presentasi. Microsoft power point. (mungkin ini berlaku buat aplikasi presentasi lain). Dalam menyusun power point, masukin yang inti-inti aja. Gak usah semua dicopas semua ke power point. Susun power point dari inti-inti materi. Misalnya. Lu mau membahas tentang “Sejarah perang dunia” cukup sampein perpart materi lu. –penyebab terjadi –tahun-tahun penting –siapa aja yang terlibat. Ya kayak gitu deh ga usah dibikin narasi. sejarah perang dunia dimulai dari bla-bla-bla-boring.

2. penampilan

Biar kata cuma tugas kuliah, penampilan itu sangat penting loh guys. Dengan penampilan yang baik, orang yang ngeliat kita juga bakal enak. Presentasi kamu bakal jadi menyenangkan. Mood itu nular loh. Kalo misalnya yang ngeliat udah nggak mood karena tampilan kamu acak-acakan. Dijamin mereka bakalan males ngeliat kamu. Atensi mereka jadi pecah, kamu nggak diperhatiin. Dan boom! Presentasi kamu bakal ikutan jelek

3. teknik licik! – Look smart

Kadang ada beberapa dosen yang memberikan penilain dari cara kamu menjawab pertanyaan, dan berikut penanyanya. Iya kan? Nah gue punya trik licik yang biasa gue pakai pas kuliah. Apa itu? “Teknik bertukar pertanyaan”

Gimana tuh?



gin caranya. Jadi sebelum presentasi dimulai, gue membagi-bagikan pertanyaan tentang materi yang gue buat duluan dari rumah. Pertanyaan yang gue pastinya udah tau jawabannya. Pertanyaan dalam bentuk lembaran kecil itu gue kasih ke temen yang kurang aktif di kelas karena dia kurang paham atau agak tertinggal. Gue kasih dia buat nanya. Dia dapat point dari dosen karena aktif. Gue dapat point karena bisa menjawab dengan baik (karena pertanyaannya gue yang buat hahaha!) asoy kan!

4. menjaga mood dari awal

Masalah utama pas presentasi itu cuma satu : gugup. Gugup yang berasal dari ketakutan-ketakutan akan sesuatu yang sebenarnya ga ada. Takut gak bisa jawab pertanyaan lah. Takut salah buka folder lah (you know what I mean. Hihihi). Gue sih rileks ajaaa.


Gue kalo sebelum presentasi biasa ngemut KOPIKO MINI COFFEE. Bentuknya yang sejangkauan jari jadi gampang dibawa kemana-mana. Kantongin. Emut sebelum presentasi. KOPIKO MINI COFFEE itu ya terbuta dari biji kopi pilihan. rasa manis dan sedap kopinya bikin gue jadi semangat dan rileks lagi ketika presentasi.


Seperti yang gue bilang, mood itu nular. Kalo kita udah rileks. Yang ngeliat ikutan rileks. Materi jadi gampang masuk. Pertanyaan jadi gampang jawabnya. Presentasi sukses. Nilai gue bagus deh ^^

4 Comments

  1. YANG TEKNIK LICIK GUE PERNAH NGELAKUIN TUUUUH! XD

    BalasHapus
  2. Wahaa parah . Ini juga pengalaman gue sih.. :))

    BalasHapus
  3. TRADING ONLINE
    BROKER AMAN TERPERCAYA
    PENARIKAN PALING TERCEPAT
    - Min Deposit 50K
    - Bonus Deposit 10%** T&C Applied
    - Bonus Referral 1% dari hasil profit tanpa turnover

    Daftarkan diri Anda sekarang juga di www.hashtagoption.com

    BalasHapus

Dikomen boleh. dipipisin yang jangan