Suntuk bikin Skripsi? How to make it fun!

Gue akuin, ngerjain skripsi itu adalah pekerjaan yang paling membosankan sedunia. Berjam-jam didepan laptop menatap layar putih. Gotong puluhan buku kemana-mana. Baca ratusan lembar tulisan yang ga ada kartunnya sama sekali, udah gitu fontnya kecil abis bikin mata kriyep-kriyep. Habis baca. Baca dikit.. Senderan bentar.. ngucek-ngucek mata.. baca lagi.. senderan lagi.. ketiduran deh..

Seriously, masa-masa ngerjain skripsi beneran masa paling menjengkelkan dalam hidup gue. Pengen cepet-cepet selese.. tapi kok ngerjainnya ya males ya. Huft. Serba salah.

source

Tapi gue punya caranya biar ngerjainnya seru! Ala gue tentunya. Yuk mari disimak.

1. make your skripsi as a RPG game!

Gue orangnya demen banget main video game. Kebiasaan bermain game gue ini, gue terapin ketika gue 
ngerjain skripsi. Bingung? Gini caranya.

Buat yang suka main game pasti ngerti lah tentang level-level untuk kemampuan diri kayak EP, HP, MP. Nah semua itu gue konversi jadi SP alias “skripsi point”. Jadi SP bisa meningkat sesuai jumlah halaman yang harus gue ketik tiap hari. Misalnya gue berhasil ngetik 90 halaman. Artinya gue memiliki 90 SP. Nilai SP ini gue pake buat ngelawan Boss. Alias DOSEN PEMBIMBING. Revisian yang dia kasi itu gue anggap attack point yang mengurangin SP gue. Kalo gue kena revisi 10 lembar, artinya SP gue berkurang 10. Misalnya 1 bab kena revisi semua, artinya gue kena critical damage L . Supaya nggak nol. Alias abis alias game over. SPnya harus berkualitas. Jadi pas di attack nggak ngaruh hihi.

2. tempat berbeda

Biar asoy, dan nggak jenuh. Ngerjainnya jangan ditempat itu-itu aja. Apalagi ngerjainnya diatas kasur. 
Dijamin nggak bakal abis-abis dah tuh skripsi. Yang ada malah molor -__-

“rule number one : hindari KASUR”

Nah! Berusahalah untuk berganti-ganti tempat dalam mengerjakan skripsi. Misal hari pertama ngerjainnya di kosan, hari kedua ngerjain di taman, lanjutnya ngerjain di café, lanjutnya ngerjain di perpus. Eksplore tempat dikota kamu yang asyik buat ngerjain skripsi. Dan usahakan jangan kerjain ditempat yang sama terus dalam satu minggu. Asyik kan? Jadi ngerjain skripsi jadi kayak bertualang keliling kota gitu. Dijamin makin asyik ngerjain skripsinya.

3. kerjakan beramai-ramai

Yang bikin skripsi membosankan itu menurut gue karena ngerjain skripsinya sendirian. Cari temen yang seperjuangan. Lagi ngerjain skripsi juga. Dengan ngerjain beramai-ramai lo jadi punya banyak referensi dalam ngerjain skripsi dengan ngobrol. Misal. Lo nggak ngerti cara ngitung, dimana harus nyari referensi. Dengan gitu bakal mempermudah lo dalam ngerjain skripsi.
Tapi inget!

“rule number two : cari temen yang serius! Jangan yang malah ngajak main”


4. think skripsi is fun

Nah ini yang paling penting. Mau pake trik apapun kalo lo nggak berusaha merubah mindset bahwa ngerjain skripsi is fun. Percumeh.. langkah pertama yang lu harus lakukan adalah. Rubah mindset dari skripsi adalah kegiatan yang boriiiiiiing jadi kegitan yang asyik.! Caranya…?

Kosongkan pikiran…

Rileks..

Rileks..

Eh jangan se-rileks itu juga! Bangun!

Rileks…

Bentar. Susah rileks? Kurang semangat?



Gue kalo udah susah rileks, kurang semangat ngerjain skripsinya. Gue ngemut  KOPIKO MINI COFFEE. Rasa manis kopinya bikin pikiran fresh dan rileks. Otak gue yang tadinya buntu bisa langsung konek!. Langsung semangat lagi ngerjain skripsinya! Hihi. Semangat lagi! dan langsung bikin ngerjain 

Skripsi jadi Fun. Hoho.


Ya udah kerjain gih skripsinya. Biar cepet lulus. ^^

2 Comments

  1. gue stuju sama yng nomer 3 & 4
    semoga ntar pas ngambil skripsi bisa gue terapin

    tq.

    BalasHapus
  2. hahaha boleh juga nih tipsnya..
    ngga berhasil nyelesein skripsi dalam satu semester :"(

    BalasHapus

Dikomen boleh. dipipisin yang jangan