Anak Rantau : Hal-hal yang bakal lo temuin saat merantau




Ada banyak hal yang membuat kita berat meninggalkan rumah, tinggal di sebuah kota baru, menetap disana, menjalani sebuah kehidupan yang baru wich is kita tak akan pernah tahu apakah dunia baru diluar sana bakalan sama menyenangkannya dengan di rumah.

Paling tidak ini yang gue pikirkan beberapa hari sebelum gue memutuskan untuk tinggal di Malang, kuliah disana, meninggalkan kota yang memberikan gue semua rasa nyaman dan aman. Tenggarong

Pergi merantau sih menurut gue gak sesimple traveling. Yang dimana lo pesen tiket pesawat, bawa baju beberapa lembar, beberapa peralatan seadanya, mempelajari kota baru hanya dengan membaca buku atau internetan. Berangkat meninggalkan rumah, lalu pulang beberapa minggu setelahnya. Merantau lebih dari itu, lu.. tidak hanya menginjakan kaki di kota baru. Lu.. bakal menjadi bagian kota itu. Karena mungkin lo bakal tinggal dalam waktu yang sangat lama di kota tersebut men. Dan mungkin kagak balik lagi ke kampung halaman. Ada adaptasi lebih lah..

Gue baru merantau kurang lebih 4 tahun di Malang, tapi hanya dalam 4 tahun itu gue menemukan banyak hal yang enggak gue temukan di kota tempat tinggal gue. Andai dulu gue memilih untuk tetap berada di Zona aman dengan tinggal di Tenggarong. Mungkin gue akan kehilangan banyak momen berharga, banyak hal menarik yang mungkin hanya akan gue temukan di kota perantauan.

Ada banyak hal yang bakal lo temukan saat merantau. Secara general sih. tapi kalo spesifik mungkin dirasain sendiri oleh tiap-tiap perantau karena emang tiap kota punya karakteristik tersendiri sehingga mungkin pengalaman yang gue dapat akan berbeda dengan apa yang orang lain dapat. 
Pada post kali ini gue akan membahas beberapa poin tentang hal-hal yang bakal lo temukan secara general ketika lo memutuskan untuk merantau. Cekidot :



1. Suasana Kota yang baru


Satu yang pasti bakal lu temukan ketika merantau adalah suasana kota yang mungkin secara ekstrim berbeda. Terutama buat yang merantau ke kota yang jauuuh banget. semakin jauh kota yang elo ratauin (rantauin?) maka semakin berubah dan baru suasana kota yang bakal lo temukan. Misalnya. Lo asli kalimantan, kayak gue. Saat di kalimantan, lo bakal menemukan kota-kota yang sebagian besar panas, berdebu, gersang, dan untuk beberapa kota kecil sepi akan kegiatan penduduk. Setelah lo merantau ke kota lain misalnya Jakarta. Maka lo bakal menemukan suasana kota yang baru, kota yang lebih padat, kegiatan 24 jam, mall dan gedung dimana-mana. 

2. Culture Shock


Efek selanjutnya yang pasti akan lo temukan adalah perubahan gaya dan budaya yang sangat berbeda. Terutama ketika lo memutuskan untuk merantau ke kota yang memiliki suku dominan yang berbeda dengan kota asal lo. Misal, lo tinggal di kota yang kalem kayak Jogja. Terus pindah ke Medan dengan mayoritas orang batak yang meledak-ledak. Lo bakal ngerasa kayak “dih kok nih kota gini amat yah.. beda dengan kota kampung halaman gue..” yip! Ini wajar banget men.. istilah bulenya adalah Culture Shock alias kejutan budaya. Perasaan yang timbul karena perbedaan budaya yang berbeda banget tapi diri lo belum siap. Biasanya kalo udah kena kayak gini bawaannya gak betah. Tapi tenang, perasaan kayak gini biasanya bakal terkikis oleh waktu. 

Bahkan ada teori-teori tentang Culture Shock kayak fase perkenalan, penolakan, terus menerima dengan baik, bla-bla-bla, intinya bisa karena terbiasa lah gitu.. lu googling aje ye, entar panjang :P
3. New traveling Point

Satu hal yang membuat merantau menyenangkan menurut gue : kita punya akses buat traveling ketempat yang lebih baru. Yip! Kayak gue misalnya. Gue asli kalimantan. Tapi karena gue tinggal di kalimantan, ruang gerak gue buat kemana-mana terbatas. Misal : gue dari kalimantan mau traveling ke Bali harus naik pesawat dengan biaya tiket berjuta-juta. Kalo naik kapal bisa makan waktu berhari-hari. Beda cerita kalo gue merantau. Gue merantau ke Malang. Maka, misalnya gue mau traveling ke Bali, gue tinggal naik bus dari Malang ke Bali. Dengan biaya yang lebih murah banding naik pesawat dari kalimantan ke Bali dan tentunya lebih tidak makan waktu dari naik kapal. That’s it ! merantau create new traveling point! 

4. Makanan Baru !


Yang bakal lo temuin selanjutnya adalah makanan baru!. Saat merantau lo bakalan ngeliat beragam jenis makanan baru yang mungkin lo ga bakal temuin di daerah asal. Eh enggak ding, kecuali makanan Jawa sih. hampir kebanyakan makanan Jawa ada dimana-mana -___- beda cerita kalo lo merantau ke Papua atau Sumatra. Pasti lebih unik makanannya, Sebenarnya ini seperti pisau bermata dua sih. terutama yang lidahnya agak ribet nerima jenis makanan baru. Makanan baru dalam merantau beda loh ama Makanan baru dalam traveling. Dalam Traveling, makanan baru mungkin sekedar “ahh baru nih cobain ahh.” Tapi dalam merantau, makanan baru artinya. Makanan-makanan inilah yang bakal lo makan tiap hari. Dan makanan yang lo suka di kampung halaman. Bukan nggak mungkin lo ga bakal nemuin lagi selama perantuan. Jadi buat lidahnya gak ribet, mesti sabar-sabar dehh..

5. Temen-temen baru



New city/country. New Food. New Culture.

Dan yang pasti akan lo temuin adalah New Friend, alias temen-temen baru. Baru dalam artian : orang baru, kebudayaan baru, suku baru, pengetahuan baru. Semua baru deh.. kalo lo merantaunya di Indonesia. Mungkin kasarnya lo bakal nemuin temen-temen baru yang unik karena mereka datang dari berbagai kota yang beda. Ada yang dari Jawa timur dengan sikap keras, ada yang dari jawa tengah, agak kalem. Ada yang dari Papua, unik. Ada yang dari Kalimantan, ngomongnya cepet. Dan masih banyak lagi..!

***

Mungkin secara garis besar ya.. inilah yang bakal lo temukan saat merantau. Mungkin ada banyaaaaaaaaak hal yang bakal lo temuin. Gue bahkan pernah bikin buku tentang merantau huahaha.

Mungkin merantau itu berat bagi sebagian orang, ninggalin bokap nyokap dirumah. Ninggalin kota, ninggalin temen-temen di kampung, ninggalin kenangan. Tapi percayalah. Merantau bakal menjadi kaca pembesar untuk menemukan banyak hal unik dan baru diluar sana yang mungkin lo gak bakal temukan di kampung halaman.

Masak lo mau cerita ama anak dan cucu lu kelak. “kakek/Nenek dulu dirumah doang sih.. gak berani kemana-mana..” 

Dan bakalan lebih keren kalo lo cerita “Kakek dulu merantau ke tanah Jawa. Menemukan banyak hal.. dan mungkin, kalo kakek nggak merantau, nggak bakal ketemu Nenek kamu yang cantik itu.. “

Kan asyik kan ya.. huehuehue..

3 Comments

  1. Asik nih pembahasannya. Pas travelling, hampir semuanya gue alamin. Cuman ya, sementara. Beda sama yang merantau.

    BalasHapus
  2. asik anak rantau...
    rantau bikin kita jadi mandiri walau kadang suka kangen juga sama rumah

    BalasHapus
  3. Yang pertama gue mau komen kalo gue suka tulisan elo bang. Hehehe. Gue nanya nih, kalo merantau itu ada efek jetlag-nya gak? :))

    BalasHapus

Dikomen boleh. dipipisin yang jangan