Anak Rantau : ADAPTASI part II




Pada postingan yang lalu (klik disini) gue udah membahas metode adaptasi pertama dalam merantau. "mengenali kota". nah untuk postingan kali ini gue akan membahas yang lain. lanjutannya yang kemaren

Kemampuan beradaptasi dalam merantau gak hanya diperlukan dalam menghadapi perubahan lingkungan yang bisa saja ekstrim. Tapi lebih dekat dari itu. Kita akan menghadapi perubahan yang mungkin juga ekstrim untuk hal yang paling dekat dengan kita. 

Apa itu? Makanan..

Mungkin kedengarannya sepele.. makanan doang dipermasalahkan. Tapi banyak loh yang merantau dan akhrinya ga betah gara-gara makanan yang nggak cocok di lidah.

Contoh : buat orang yang terbiasa makanan manis dan gurih. Dia merantau ke daerah Padang atau Palembang yang makanannya Super pedas dan berlemak. Ini bakalan jadi masalah loh guys! Karena apa? Dalam merantau kita akan makanan dengan tipe yang sama dalam waktu yang lama dan terus menerus. Kalo ga siap bisa berabe.

source


Adapun case lain misal, perubahan ekstrim karena kepercayaan dan agama. Misalnya gue aslinya tinggal di Tenggarong yang notabene makanannya insya allah halal. Terus merantau ke London. Yang makanannya gak kenal halal-halalan. Ini bakalan susah juga.

setiap orang punya lidah yang beda. selera juga beda.

Gue orangnya termasuk ribet dan manja dengan makanan. Gue gak bisa makan-makanan yang pedes-pedes. Makanan yang lengket. Makanan yang asam. Bahkan saking manjanya. Gue agak males makan di tempat yang susananya gak enak. Misal deket tong sampah, terlalu rame, lampunya terlalu redup. Susyeh hidup kayak gue deh..

Tapi gue ada solusinya. 


1. belajar masak sendiri

pelajaran pertama dalam beradaptasi. kunci dari adaptasi adalah melakukan penyesuaian diri terhadap keadaan. jika keadaan tidak bisa memberikan apa yang lo butuhin. maka.. CIPTAKANLAH SENDIRI  


source

ketika makanan ga ada yang cocok ama lidah lo (dalam hal rasa atau kepercayaan) maka solusi dari gue adalah sebelum merantau, mulailah belajar masak kecil-kecilan. misal. masak berbagai olahan telur. nasi goreng. yang simpel-simpel aja yang penting kenyang.

2. berburu bahan makanan

untuk bisa masak tentunya lu punya bahan. yip. hal pertama yang harus lo jawab adalah pertanyaan "dimana gue bisa mencar bahan makanan?"

pertanyaan ini lo pecah lagi. misal. "dimana pasar deket sini?" "dimana minimarket?" 

source
buat yang ga pernah ke pasar. mulai sekarang nyoba-nyoba deh belajar belusukan ke pasar. ga papa becek dikit tapi lo ngerti apa yang lo makan. lo bisa ngikut nyokap lo belanja. tanya-tanya lengkuas itu bentuknya gimana. bayam itu bentuknya gimana. gue yakin masih banyak dari kita masih kagak ngerti tata krama belanja di pasar. gue ngalamin sendiri sih.

dengan belajar belanja di pasar lo bakalan tau harga. (nyari harga bahan makanan di internet ga bakalan relevan. percaya ama gue). dan belajar nawar harga barang

3. Punya alat masak sederhana

sebagai perantau sejati. (ceileh) untuk bisa bertahan hidup lo mungkin harus punya peralatan masak sederhana. yang paling simpel mungkin Kompor listrik atau kompor portable yang bahan bakarnya bisa lo beli di mini market.

benda kedua yang mungkin lo harus punya adalah Panci small atau medium. ga usah gede-gede. ribet nyucinya. Panci itu alat masak serba guna. lu bisa masak rebus-rebusan. misalnya Mie. sop. Miso. dll. dan juga bisa dipake ngegoreng kalo kepepet. :))



kalo gue pake water heater. simple. ga banyak pernak pernik. ga ribet. tinggal colok. tapi perlu diinget beberapa kosan memberikan kebijakan yang biasanya berbeda untuk urusan biaya listrik. so cermatilah.

oke demikian postingan gue kali ini. semoga bermanfaat yaaa 

2 Comments

  1. kalau ngga bisa masak apa yang harus dilakukan? bawa ibu ke kamar kost? :))

    BalasHapus
  2. udah lama merantau dan beruntung banget disekitar masih banyak makanan jawa timur.
    selebihnya mungkin bakal makan nasi padang atau... ngindomie

    :D

    BalasHapus

Dikomen boleh. dipipisin yang jangan