PES 2014


ITs TIME TO KICK OFF !!!
*pake seragam*
*ambil Joystick*
*ambil cemilan*
*nyalain laptop*


Jeng jeng jeng!


setelah sekitar setahun nungguin, akhirna rilis juga edisi terbaru dari Pro Evolution Soccer buat kamu pecinta game olahraga sepak bola perusak waktu ngerjain skripsi ini.

berbanding dengan pendahulunya PES 2013. PES 2014 terasa sangat baru. gue waktu nyobain pertama kali langsung berdecak kagum. "ini beneran PES? PES yang selama ini aku kenal?" dan gue langsung histeris "kamu telah berubaaaaah"

tentunya berubah jadi lebih baik.
apa aja yang bikin game ini tambah keren Dy? 

oke gue jelasin.

pertama Fox Engine.

yang ga tau Fox Engine gugle aja ica kaleee... panjang entar gue jelasinnya. intinya dengan adanya fitur ini tertanam di PES membuat tampilan grafis game ini jadi detail abis. misalnya kita pake Bayern Munich nih.. kita berasa si Ruben onsu beneran ada didalam tipi kita. cuman si konami cuma ngerjain buat beberapa pemain terkenal doang. nggak semuanya. tapi tenaaaaang bakalan ada updatenya kok.

detailnya juga kerasa waktu body charges. waktu kita body-bodyan gitu. kadang ada adegan narik-narik baju gitu. dan bajunya bisa melar.

kedua sistem kontrol yang baru.

serupa tapi tak sama, gameplaynya dibuat baru ama Konami.jadi buat kamu yang ngerasa jago abis main PES 2013, disuruh belajar ulang gitu. nah disitu tantangannya Broh. kontrol yang baru juga kalo yang pertama kali nyoba. berasa berat banget. mau ngoper bola salah-salah mulu. apalagi kalo kamu pake fungsi kontrol yang baru. dijamin kalo pertama kali main salah umpan mulu. ya kayak main twitter nomention gitu deh. yang dioper siapa yang ngerasa siapa.

berdasarkan pengalaman gue main. yang menarik adalah body charege yang dilakukan pemain bertahan. ketat abis. nyerang bakalan susah. tapi ketika kita menyerang, asyiknya kita kayak punya power double dash gitu buat beberapa pemain. serasa punya dua kecepatan. sehingga kita bisa melewati dengan mudah. tapi... pemain bertahan punya skill tambahan. semacam double chance. artinya nggak kayak PES terdahulu. misalnya kita nekel pemain dan gagal , udah.. selesai. kita dilewatin gitu aja. tapi di fitur terbaru PES. setelah jatoh kita bisa bangun lagi.. dan ngerjar lagi.

disatu sisi yang nyerang bisa double dash. dan bertahan punya double chance. jadi semacam counter-counteran gitu. kecheee abis!

Ketiga NEW TOURNAMENT! 

yang nggak enaknya main PES adalah, beberapa lisensi pemain terkenal, tim jago. itu nggak ada. karena ya gitu.. udah dicomot ama game tetangga. tapi tenang. di PES kita bakalan disuguhin liga yang lain yang nggak kalah seru. pertama yang asyik adalah Liga champion Asia!. yeee! buat kamu yang ngefans ama liga asia. kali ini bisa main dengan tim-tim liga champion Asia. semacam Gamba Osaka, Shianghai Shenhua. dan Persija Jakarta. tapi ya gitu deh.. namanya mungkin agak ngaco karena gak ada lisensi.

tapi tenang.. walaupun agak ngaco, semua bisa dibenerin dengan mengunduh Patchnya di Pesedit.com

overall, menurut penilaian gue, game ini sangat layak buat dimainkan. tantangan baru buat kamu yang bosan dengan PES 2011 hingga 2013 yang cenderung sama dan monoton. PES 2014 menghadirkan banyak hal yang baru. tampilan, gamplay, dan grafik. terutama gameplaynya deh. dijamin betah main berlama-lama. sulit dan agak berat buat yang baru nyobain. tapi gemesin dan bikin penasarn.

ya udah. selamat main! 



1 Response to "PES 2014"

Dikomen boleh. dipipisin yang jangan