Anak Rantau : ADAPTASI part I



Hooolaaa…

Pada postingan kali ini gue akan membahas mengenai satu hal yang menurut gue penting dipersiapkan sebelum merantau. Dalam merantau ada yang namanya Pindah Kota. Artinya lo ga hanya bakal mindahin barang-barang lo, Badan lo, dan Rumah lo. Lebih dari itu. Lo bakal mindahin semua aspek kehidupan lo. Tapi tetep meninggalkan banyak hal di kampung halaman karena suatu hari nanti lo bakal pulang.

Seperti seekor Bebek yang harus bisa tinggal di darat dan berenang di Air. Kita yang merantau agar bisa hidup di kota baru senyaman tinggal di kota yang lama butuh yang namanya ADAPTASI

google image

Buat yang punya network sih gampang (punya temen yang udah kuliah disana atau keluarga yang tinggal disana juga). Nah. Buat yang ga punya sama sekali gimana? Gue akan bahas di post kali ini. Semoga bermanfaat ! okeeh ga usah panjang lebar lagi. Cekidot :

Kenali kota, lingkungan, dengan nyari kosan jauh-jauh hari sebelum kuliah.

Hal yang lumayan sulit saat pindahan adalah, nyari kosan. Makin tahun mahasiswa baru makin banyak, sedangkan jumlah kosan-kosan dari dulu gitu-gitu aja. Jarang buka baru. Khususnya buat kosan cowok. Yang deket-deket kampus kalo enggak waris temen, pasti udah penuh. Mau yang kosong jauuuuuh banget dari kampus.


Gue saranin datang lebih cepat buat nyari kosan. Kalo perlu 5-6 bulan sebelum kuliah deh. Karena masa-masa itu masih jarang yang nyari kos-kosan. Nyari kosan buat kota-kota besar gampang. Bisa search di twitter, sekarang banyak akun-akun anonim yang menyediakan informasi kosan kosong. Di google juga banyak. Kalo kota kecil mungkin butuh sedikit usaha. Harus bener-bener datang ke kota bersangkutan buat nyari.

Usahain untuk pindahan jauh-jauh hari dari hari H kamu mulai kegiatan perkuliahan. Misalnya.  Lo mulai ada kegiatan mengenai kampus tanggal 29 agustus.  Jangan pindahan tanggal 28. Usahain 2-3 minggu sebelumnya. Ini agar lo ga kaget untuk beradaptasi.  Selain itu lo bisa lebih banyak waktu untuk mempersiapkan persiapan tinggal tanpa mengganggu waktu lo dalam mempersiapkan urusan kampus.

Tinggal lebih cepat akan memberikan lo waktu lebih buat ngenalin kota baru lo tinggal. Bisa ngerti lingkungan orang-orang disekitar lo tinggal.

Tujuannya kenal ama kota dan lingkungan apa Dy?

Tujuannya banyak.. dengan mengenal kota dan lingkungan lo, lo bisa mempersiapkan banyak hal. Pertama. lo jadi bisa tau kemana lo harus nyari makan saat lapar dengan nyari warung dekat. Kemana lo harus pergi saat lo mau beli pulsa, kemana lo bisa mencari sembako untuk kebutuhan hidup sehari-hari, kemana akses transportasi terdekat yang bisa lo jangkau misal lo mau pergi ke suatu tempat, bagaimana akses dari tempat tinggal lo ke kampus. Apa yang harus lakukan untuk semua baju kotor lo, dimana londry terdekat.

google image
Gue biasanya membuat list pertanyaan yang harus gue jawab sendiri untuk mengenali lingkungan. Kayak dibawah ini :



  1. Kemana gue harus nyari makan saat lapar? Apakah ada warung disekitar sini?
  2. Kemana gue  harus pergi saat lo mau beli pulsa? Apakah ada counter pulsa deket sini?
  3. Kemana gue bisa mencari sembako untuk kebutuhan hidup sehari-hari?
  4. Kemana akses transportasi terdekat yang bisa lo jangkau misal gue mau pergi ke suatu tempat?
  5. Bagaimana akses dari tempat tinggal gue ke kampus?
  6. Apa yang harus lakukan untuk semua baju kotor gue, dimana londry terdekat? Atau apakah dikosan gue menyediakan tempat buat jemuran? Dimana gue bisa nyuci baju?
  7. Kemana gue harus pergi saat gue butuh alat-tulis? Dimana tempat fotokopi terdekat saat gue butuh untuk membantu gue menyelesaikan tugas kuliah gue?
  8. Bagaimana jaringan internet di sini? Kenceng? Kalo lemot.. dimana gue bisa menemukan warnet?
  9. Dimana tempat Ibadah?

Pertanyaan-pertanyaan diatas monggo di kopas, bisa lu tambahin dengan pertanyaan lu sendiri, diprint di kertas kecil, lalu jawab deh dengan cara.. banyak. Lo bisa keliling sendiri mengitari kosan lo. Lo bisa browsing di internet (dengan cara buka google map bikin peta sederhana), Lo bisa bertanya dengan temen yang sekos sama lo, lo bisa bertanya ama Ibu Kos. Pertanyaan-pertanyaan itu HARUS lo jawab semua sebelum kegiatan dikampus/kantor kita dimulai.

Buat yang ngekos di tengah kota mungkin lebih gampang. Nah buat yang dapet kosan dipinggir kota mungkin agak ribet, makanya gue saranin untuk mengexplore tempat tinggal lo jauh-jauh hari. Jadi ga bentrokan ama jadwal kegiatan di kampus yang pasti akan memakan banyak waktu.


2 Comments

  1. Berguna banget nih!

    Kebetulan abis wisuda nanti rencananya mau merantau.

    belum pernah jauh dr ortu soalnya

    hehehe

    BalasHapus

Dikomen boleh. dipipisin yang jangan