MFM Talkshow : Blog? Apaan tuh?

tes tes.... tes satu dua.. tes.. tespek..



pada posttingan kali ini gue akan ngeshare materi gue pada saat kemaren talkshow di MFM 101.3 fm Radio malang. gue bareng Hena dan temen-temen Jamban Blogger.

modelnya ada Quetion dan Answer gitu. baidewe. materi gue kemaren tentang apa itu BLOG. mulai dari apaan itu BLOG ampe tips dan triknya.. ga usah panjang lebar.. dan silahkan disimak.

***
Blog itu apaan sih? 

Blog adalah salah satu sosial media yang memposting banyak hal kayak video, musik, dan yang paling utama adalah tulisan. Selain buat nyari temen kayak kebanyakan sosmed lainnya. Blog bisa jadi media untuk belajar menulis.

Kerennya lagi, di Blog, kamu bisa memodifikasi tampilannya suka-suka kamu. Mau diganti warna. Dihias-hias. Sesuai sama kepribadian kamu gitu..

Kok bisa Blog dijadiin media menulis?

Yap! Bisa banget. di Blog kamu bisa ngeshare semua tulisan kamu. Nah nanti di Blog tulisan kamu bisa di baca banyak orang.  Bisa dikomen ama orang. Dari situ kamu bisa tau kelemahan tulisan kamu apa aja. Perbaiki tulis lagi. Maka tulisan kamu bisa berkembang jadi bagus.

Kalo mau ngeBlog gimana caranya?

Caranya gampang. Misalnya kamu pengguna Gmail. Tinggal buka Blogger.com. masuk pake akun gmail kamu. Selain itu ada banyak kok sosmed blog lain. Misalnya wordpress dan tumblr tinggal buka situsnya sign up.

Biasanya yang ditulis di Blog apa aja?
Blog biasanya bersifat jurnal pribadi. Kalo bingung nulis apa, paling gampang ya nulis diri sendiri.
Misal. :



  • Kegiatan kamu apa aja yang seru yang mungkin bisa di share dan asik.
  • Selain itu bisa Puisi buat kamu yang suka nulis puisi. 
  • Sekarang lagi tren loh FashionBlogger, jadi mereka kayak mix and max baju di lemari mereka. Mereka pake, mereka foto, terus mereka deskripsikan apa aja  yang mereka pakek.
  • postingan yang sifatnya entertaining. Kayak tips dan trik, cara melakukan sesuatu.
  • pandangan kamu ttg sesuatu yang lagi in!

Kasi tips dan trik buat nge Blog dong..


  1. Pertama, kalo ngeBlog menurut aku jangan terlalu banyak dihias-hias dengan gadget-gadget yang ga terlalu penting. Misalnya nambahin lagu, nambahin jam, nambahin kalender. Soalnya yg gitu-gitu sebenarnya udah ada di desktop mereka. Jadi kalo perlu ga usah deh.. selain itu bisa bikin berat blog kamu. Dibukanya susah kalo internet lagi lemot.
  2. Kalo bisa dikasi gambar satu atau dua, tentang apa yang kamu tulis. Biasanya untuk Blog si pembaca kebanyakan hanya akan membaca cepat. Dengan adanya gambar mereka jadi lebih cepet nangkap kamu inti tulisan kamu apa.
  3. Langsung to the point (misal tulisan kamu tentang hal-hal entertaining kayak tips dan trik)
  4. Sesuain kontent postingan ama tampilan. Misal, Blog kamu isinya tentang puisi, tampilannya dibikin teduh dan syahdu  yang bercerita seperti gambar pemandangan. Jangan misalnya konten Blog kamu isinya tentang puisi tapi tema tampilannya Valention Rossi, kan nggak nyambung.
  5. Blog kamu sepi? Banyakin Blogwalking (jalan-jalan ke Blog orang) tinggalin jejak kayak komentar. Jadi sewaktu-waktu si empunya Blog bakal melakukan kunjungan balik. Semakin banyak kamu ngunjugin, semakin banyak yang ngunjungin balik. Semakin rame deh tampilan kamu.
  6. Balik lagi terus berevolusi dalam konten. Inti dari Blog ya.. tulisan kamu. Maka untuk itu. Semakin kamu membenahi tulisan kamu, blog kamu semakin Ajiiip.. 

***

Eniwei, tiap selesai siaran, gue akan ngeshare materi gue di Blog ini. buat kamu yang lagi di Malang bisa streaming Radio MFM disini. kita siaran tiap hari minggu jam 11-1 siang. tiap dua minggu sekali. untuk jadwal bisa liat di SlideBar Blog gue.

See you next! 

1 Response to "MFM Talkshow : Blog? Apaan tuh?"

Dikomen boleh. dipipisin yang jangan