2012, sebuah tahun tentang kebangkitan, gue



Pertengahan 2011, jadi momen yang “eeeh” banget dalam kehidupan gue. dulu, gue pernah punya temen cewek, sebut saja namanya Risty Tagor. (karena ini blog-blog gue, jadi suka-suka gue dong mau ngasi nama siapa, okesip). gue udah lama naksir dia sejak SMA, tapi kehalang, karena sebenarnya udah punya pacar saat itu. at last, gue nunggu dong, secara gue setia. berhari-hari, berbulan-bulan, bertahun-tahun. beberapa minggu setelah kelulusan, dia.. putus ama pacarnya.

kata orang, lebih baik mencoba dari pada enggak sama sekali. oke, sebagai pria sejati, gue tertantang, untuk mencoba sekali lagi, mendekati si Risty lagi. dan puncaknya, 1 hari sebelum tanggal keberangkatan gue, gue nembak dia tepat di tanggal 7-8-9 atau tanggal 7 agustus 2009. saat itu dia tidak seutuhnya nolak. dia bilang, dia butuh waktu, sekarang sih dia lagi ga mau pacaran, katanya. datanglah lagi kalo gue udah Lulus kuliah, lamar dia, jika memang saat itu dia belum ada yg ngelamar dan guenya udah siap. dia akan menerima.

gue termotivasi.. gue kuliah giat-giat, ke kampus rajin, pengen cepet-cepet lulus, pengen ini, pengen itu, khayal gue udah kemana-mana.

setiap gue lagi lemah, gue buka fotonya yang gue Save di BB, gue semangat lagi. Risty adalah satu-satunya alasan kenapa gue bisa kuat menjalani hari-hari gue di jurusan akuntansi, padahal, guenya sendiri sangat benci mata pelajaran akuntansi, hitung-hitung, atau apapun itu yang berkaitan dengan Ekonomi. tapi, dengan keteguhan hati, gue jalani hari-hari gue di akuntansi. 

kata orang, gue .. kegeeran. atau gue kepedean.

sampai akhirnya, semesta menampar gue dengan keras.

suatu hari di pertengahan 2011, gue lagi facebookan, biasa, sebagai orang yg sedang jatuh cinta, ½ hari gue di dunia maya gue habiskan untuk mengkepo isi facebooknya, gue juga mengkepo twitternya. gue buka-buka foto profilnya, baca statusnya, baca twitnya, untuk sekedar tau dia sedang apa hari-hari belakangan. 

sampai akhirnya, gue menemukan ini..

 ada beberapa konversasi “sayang-sayangan” didalamnya, aktornya, seseorang entah siapa dan si Risty, cewek yang gue taksir tersebut. scroll-scroll-scroll, gue berpikir positif, ah paling temennya doang. gue buka instagramnya.. dan.. ada foto couple, Risty dan pria entah siapa.  ga cuma satu, ada beberapa, gue yang…

Jlep....

layar monitor berendar..

gue menatap layar dengan tatapan kosong. gue ngerasa ada gempa kecil di tempat gue duduk, gempa yang tidak bisa orang lain rasakan guncangannya, karena gempa itu, berpusat di hati gue.

hati gue berantakan…

gue mencoba mengumpulkan puing-puing hati gue. tapi, temen-temennya bilang, cowoknya yang sekarang, anak orang kaya, ke kampus naik mobil, tampan, kuliah di kampus swasta mahal, jurusan kedokteran, masa depan cerah.

gue menatap cermin, gue gue pandangi wajah gue, gue cuman cowok gendut buruk rupa, duit pas-pasan cuma buat makan, ke kampus jalan kaki, becek-becekan kalo hujan, kuliah cuma di jurusan akuntansi, lulus cuma jadi tukang catat duit orang, gaji paling gede sebulan ga cuma pas buat makan ama sedikit tabungan.
saat itu juga gue sadar, kata-katanya di tahun 2009 itu, cuma untuk membuat gue seneng doang.
gue hari itu berantakan tak karuan, kuliah rasanya.. ahh, gue memperjuangkan apa sih?  ini gue kuliah buat apa?? 

katanya Rumor, gue sekarang lagi tenggelam dalam lautan luka yang dalam. 

***

cukup Dy! gue ngomong ama diri gue sendiri, sudah cukup ke tidak produktifitan gue cuma gara-gara hati gue di patahin ama seorang wanita. gue mencoba bangkit di akhir tahun 2011, awal tahun 2012 menjadi tahun kebangkitan gue..

Buku perdana gue,” curcol si rantau kacau” terbit

di awal tahun, naskah gue, di terima oleh salah satu penerbit terbesar di Indonesia. Bukune, naskah gue oleh mereka, di terbitkan menjadi sebuah buku yang di jual di seluruh Indonesia. kebanggan bagi gue, karena akhirnya karya gue bisa menjadi salah satu bagian dari hidup banyak orang di seluruh Indonesia. 

gue saat itu bahagia banget, dirak buku gue dirumah, dari sekian banyak buku, ada satu buku, ada nama gue sebagai penulisnya, tiap gue ke gramedia, gue ketik nama gue di komputernya, ada nama gue.

gue mimisan 


 mungkin banyak yang ga tau. Curcol si rantau kacau, terbit di tanggal 13 febuari 2012, tepat di tanggal ulang tahun gue yang ke 20 
 
Magang di PricewaterhouseCoopers Indonesia

Momen terbaik gue di tahun 2012 adalah ketika gue di terima untuk magang disalah satu dari 4 firm terbaik di muka bumi. gue, yang palanya pas-pasan ini, yang bikin jurnal sering salah, yang ngitung duit orang suka salah, diterima disana. ini merupakan pengalaman gue yang paling luar biasa dalam hidup gue.
disana, gue mendapat pengalaman bekerja sebagai auditor dengan kapasitas internasional, selain itu gue bertemu dengan banyak mahasiswa Indonesia dari banyak tempat, dari Indonesia itu sendiri, dan banyak yang dari luar negri! ada temen yang dari singapur, hongkong, Amerika, belanda dan lainnya. 


Kopdar Blogger dan penulis !

ratusan hari yang lalu, di tahun 2008 kalo ga salah, gue sering buka forum-forum tentang Blog, saat itu forum yang sering gue kunjungin adalah rumah Blogger. disana, gue melihat beberapa acara kopdar blogger yang telah mereka lakukan bersama, gue pengen ikut, pengen banget, tapi kondisinya gue saat itu masih domisili di Tenggarong.

gue ngomong dalam hati, suatu hari gue juga pengen bisa kopdar kayak mereka.

dan.. kesampaian.

ketika di Jakarta, gue nyempetin buat bisa ketemuan ama beberapa Blogger, saat itu cuma dua sih -____- tante Diana dan Mbak Presyl.. daaaan.. tidak hanya itu, gue juga ketemu Roy Saputra !! wowowowowowowowowow.. salah satu penulis favorit gue, karya dia yang udah gue baca mulai dari The Maling of Kolor, Doroymon, sekarang yang gue baca Traveloving, dan rasa cinta. 


Mitra Kukar!!


Tim kota gue, kota Tenggarong, Mitra Kutaikartanegara, promosi ke Indonesian Super League. di 2012 ini, gue sebagai salah satu warganya bangga dong… setelah 8 tahun lamanya menanti akhrinya tim kota gue masuk juga dalam liga terbaik Indonesia ini.

 Arif Suyono with my Book

kerennya, pemain jagoan gue di timnas Indonesia, Arif Suyono, tahun 2012 masuk dalam squad mitra. gue menahan napas dan cuma bisa bilang, kebetulan yang luar biasa. 

Belajar Stand Up Comedy.

Suatu hari, gue ketemuan ama salah satu pembaca buku gue, namanya Hena, (dia pria, tapi namanya kayak cewek, gue ketipu. shit). setelah bertemu dan berbincang, gue mendapati bahwa dia adalah stand up comedian..! dan yang kerennya lagi, dia adalah comic yang tersohor seantero malang raya. dia punya cita-cita pengen bisa nulis buku. jadi ceritanya kita saling bertukar ilmu, gue ngajarin dia nulis, dan dia ngajarin gue stand up comedy.


gue akhirnya nampil pertama untuk stand up comedy di acara kampus. walaupun jatohnya krik-krik-krik.
tapi yang membuat gue berkesan, pertemuan gue dengan hena ini yang akhrinya mengantarkan gue untuk bertemu dengan salah satu comic nasional idola gue. Topenk!
Bang Topenk lagi stand up di Malang Town Square

 sesaat sebelum di aniaya menggunkan dagu


KETEMU AMA BANG AAN, INDRA WIJAYA, MBAK WINDY, DAN ABANG CRISTIAN SIMAMORA !!

Bukune mengadakan workshop penulisan di beberapa kota besar di Indonesia, seperti jakarta, bandung, Jogjakarta, Surabaya, dan MALANG..! yang di Malang gue ikutan. 

Dapat buku gratis, udah di sign pula, huehehe.. 

disana, akhirnya gue ketemuan dengan semua penulis idola gue.. wuwuwuw. ada Indra, mbak Windy, dan Bang Christian. kita ngobrol-ngobrol, dan gue dikasi buku ama Bang Christian.. jiahaha
gue juga di mention ama mbak Windy di twitter hahaha. ah perfect banget hari itu.

Dimention Mbak Windy.. ! jiahaha. iya gue norak. biarin.

gue ga sempet foto bareng ama mbak Windy, soalnya gue keasikan ngobrol, lupa -____- orangnya keburu pulang. tapi gue sempet foto ama abang Christian hueheueheueheu 


Kakak..?


***

hmmm.. intinya sih, gue bukan mau pamer hal-hal keren yang gue raih di tahun 2012, tapi gue pengen kayak semacam memberikan gambaran kepada kalian, bahwa sebenarnya, Tuhan selalu punya rencana yang keren buat umatnya. ketika Tuhan tidak memberikan seuatu yang kalian ingin kan, itu artinya, Tuhan sebenarnya punya rencana lain yang lebih baik, berikut dengan kejutan-kejutannya.

Jujur, ketika gue tau ternyata orang yang gue taksir itu ternyata udah punya pacar/gebetan/atau apalah namanya itu. gue bener-bener luluh lantak. gue yakin gue udah setia nunggu, tapi, yang gue dapatkan sebaliknya. gue terpuruk. tapi tidak benar-benar membuat gue tenggelam dalam rasa galau mendalam.
dari reruntuhan hati itu, gue bangkit, dari goresan luka dihati itu, gue bangun. berat dan sakit memang. tapi sebenarnya, dibalik semua itu, banyak kejutan menyenangkan akan datang, hanya saja, kita perlu menghapus air mata untuk melihat kejutan kejutan itu. 

halah kenapa gue jadi kayak om-om 30 tahun gini? :)) 

Semoga di tahun 2013, kejutan lain akan datang. dan disaat dia datang, gue sudah siap…
:)

6 Comments

  1. wuiihh asik ya.. kangen deh bikin recap kejadian di 2012 kayak gini.
    saking banyaknya (atau malah minimnya) gw mpe bingung mau nulis apaan. haha..

    selamat ya atas peluncuran buku perdananya.. mudah-mudahan di 2013 bisa bikin buku baru lagi dengan tulisan yg lbh oke lagi.

    btw itu, nama gw mbak presli? -________-

    presyl dy, presyl.. dan apa itu sebutan mbak? kakak dy, kakak.
    ehem.. msh 25 thn kebawah ini -_-

    BalasHapus
  2. Seneeeeng baca postingan ini jadi termotivasi juga. Semangat terus ya kak Ady hehehe :D

    BalasHapus
  3. Nice post and thank you, Dy. Sebuah kehormatan bisa difavoriti (ada ga sih difavoriti?) oleh sesama penulis.

    Percayalah, di luar sana ada orang yang akan bilang "gue ketemu Nugraha Ady!! wowowowowowowowowow.. salah satu penulis favorit gue!"

    Happy new year!

    BalasHapus
  4. yang magang di PWC itu lo yang bikin iri...Faak..haha

    BalasHapus
  5. Aaaah ini postingan bikin senyam senyum sendiri, cause the fact is, aku pernah ngalamin sakit hati yang sama kaya gitu bang. Keep spirit for you :D btw, gambar bareng bang christian nya yang ambilin aku ya kalo ga salah? Ahahaha :D

    BalasHapus
  6. Cerita yang menarik dan sangat bermanfaat, Semoga Sukses selalu, salam hangat dari kami yang pernah magang di Tempat Magang Di Jogja :D

    BalasHapus

Dikomen boleh. dipipisin yang jangan