Tutorial hemat buat anak kos ala Adygila




 Watsaapp broo

Haloo! 



kalo udah tanggal-tanggal gini gue yakin semua pada ngelus-ngelus dompet, menatap nanar ke arah jendela taman, di temani rintik hujan yang membasahi kaca, meratapi sebuah penyesalan, tak sadar air mata menetes pelan.

“duit gue .. gue pake apa aja yaa.. kok abis mulu..”

sebagian dari kita kadang mengalami kondisi ini. berapapun duit yang kita punya di awal bulan, selalu nggak nyisa di akhir bulan. atau kondisi kayak gini : habis ambil duit di ATM, 50 ribuan gitu. lu kadang ke warung atau mini market. beli sesuatu buat mecah duit jadi beberapa pecahan yang lebih kecil. di masukin ke dompet. ketika lo butuh duit itu di lain waktu. lu buka dompet. dan.. duitnya udah habis. terus lu mikir. 

“gue kemaren-kemaren beli apa aja ya?? perasaan gue baru ambil duit di ATM eh udah abis aja..”         

*nelen setrikaan*

gue sering ngalami kondisi ini, karena ini juga gue kadang di ledekin nyokap gue misalnya gue kehabisan duit banget dan minta kirimin ama nyokap duit karena terpaksa. “anak akuntan kok gak bisa ngatur duit..”

 Jleep..

umumnya, anak kosan membebankan biaya bulanan pada satuan waktu. misalnya gini, gue punya duit bulanan 1 juta. maka gue akan berusaha bagaimana caranya agar gue masih bisa menyisakan duit hingga 200 ribu di tanggal 25-26. tapi pada kenyataannya, tanggal 15-17 duit kita malah udah abis duluan. lah. pegimana ceritanya..? ujung-ujungnya terpaksa makan rebusan kaus kaki atau pensil asam manis.


berikut beberapa langkah langkah untuk menerapkan pola berhemat gue. tapi kebutuhan ini sangat tergantung pada kota tempat lu kuliah loh. yak silakan disimak

1.       kalkulasi semua kebutuhan PRIMER

Waktu SD pasti lo semua pernah belajar tentang jenis-jenis kebutuhan kan? kebutuhan ada tiga, ada Primer, Sekunder, dan Tersier. kebutuhan Primer yang pokok, sekunder itu semi hura-hura. dan tersier Foya-foya. nah. tugas lo sekarang adalah mengelompokan semua kebutuhan primer lo. lo bisa bikin kayak catatan kecil. kebutuhan primer ini sangat penting buat di list karena kebutuhan primer, adalah hal yang PASTI akan lo keluarkan biayanya. karena jika ini tidak lo keluarkan maka akan mengganggu kehidupan lo.

Contoh : Biaya makan, Biaya transport, dan lain-lain.

misal, biaya makan gue 1 kali makan untuk satu hari di malang 5 ribu, kalo 1 hari 2 kali makan maka gue akan menghabiskan sekitar 10 ribu dalam satu harinya.

kalo 1bulan 30 hari, itu artinya gue akan menghabiskan 30x10.000 = 300.000

itu artinya, gue pasti akan kehilangan sekitar 300.000 untuk biaya makan. misal bulanan gue 1juta. gue itu artinya gue punya cash bebas. atau uang yang ga bener-bener gue butuhin sebesar 1 juta – 300.000 (duit makan) = 700.000

kalkulasi semua kebutuhan primer lo. mulai dari makan, transport, semua-semua, kurangin dengan duit bulanan lo, maka lo bakal tau berapa sebenarnya duit yang elo butuhin. kesalahan anak kos adalah : kita tidak benar-benar tau berapa pengeluaran kita sebenarnya. sebagian dari kita ga tau proyesi bagaimana duit kita. kita pake apa. dan sudah sejauh apa kita menekannya. makanya boros.

2.       Hindari hal-hal yang bersifat candu

menurut gue, salah satu perusak finansial anak kosan adalah semua hal yang bersifat candu. misalnya elo mau hemat, hal-hal candu ini harus segera di tanggulangi. alasannya sederhana. hal-hal candu adalah hal yang pasti dengan suka rela lu keluarin duit dalam jumlah kecil, tapi terus menerus. tanpa kita sadar. kita udah habis juta-jutaan.

hal yang candu apa aja Dy..?

hal yang candu itu banyak, contoh sederhana Rokok, internet, game, DVD, hangout, paketan BB, cemilan, sepakbola, korea-korea. secara sederhana, kalo diliat dari biayanya, hal candu adalah hal yang sebenarnya lo ga keluarin biayanya. hiduplo ga benar-benar berpengaruh.

kalo elo berkomitmen untuk hemat, coba dikurang-kurangin deh. enggak dieliminasi semua sih. minimal dikurangin kuantitasnya.

3.       Punya alat masak

untuk mereduce pengeluaran lo sehari-hari, ada baiknya di awal-awal lo berinvestasi deh. salah satunya dengan punya alat masak. sepengetahuan gue, tidak semua kos menyediakan alat masak seperti kompor gas. jika kosan lo punya, bagus deh. 



nah misalnya ga punya. gue saranin beli alat masak portable kayak kompor portable, kompor listrik, heater water. alat-alat ini akan membantu lo untuk memasak bahan makanan jika ga punya duit lagi buat beli makan di warung.

4.       STOK ! STOK ! STOK !

tiap awal bulan, misalnya baru gajian/dikirimin bulanan, duit lagi ngefull tuh. jangan langsung di belanjain makan nasi padang atau ke fastfood -___- itu salah besar. yang bener adalah tetap tenang. plototin duit lo. keep calm, and go to pasar. jiahahaha.



ngapain ke pasar..?

eitts. ! kita kepasar beli kebutuhan sehari-hari. lo beli semua kebutuhan yang mungkin bisa lo makan di akhir bulan, yang tahan lama. misalnya. kopi, teh, mie, gula, garam, roti, beras. dan lain-lain. setelah semuanya lo beli, simpen di lemari kosan lo.

Usahain rutin tiap bulan, jadi misal tiba-tiba (tapi jangan sampai deh) duit lo abis, dompet lo ilang, ATM ketelen, lo punya persediaan makan buat beberapa hari atau minggu. jadi lo ga ngenes-ngenes amat gitu.

5.       Keep on ATM

selanjutnya adalah jangan sering-sering ngambil duit dari mesin ATM dalam jumlah yang besar. duit tunai di tangan akan menggoda lo belanja-belanja dan belanja. oleh karena itu saran gue adalah untuk menarik duit seperlunya aja.


kalo gue biasanya narik duit 5 ribuan doang sekali ambil. bagiamana caranya gue lakuin agar ga narik lagi minimal buat keesokan hari. ini membantu loh

6.       Jangan makan di luar

Kurangi nafsu buat makan di luar,makan di warteg, makan di mall, dan makan di café. sering-sering beli dibawa pulang aja. makan ditempat cederung membuat kita membeli makanan yang sebenarnya hanya karena tergoda ngeliat orang lain makan saja.. misal, dari rumah kita pengen makan nasi goreng ama es teh. eh gara-gara ngeliat orang minum soda seger bener, kita tergoda buat beli soda juga. ngeliat gorengan krispi banget. kita kegoda buat beli gorengan. ga asoy makan nggak pake nyemil. kita ngambil krupuk ekstra. al hasil pas ke kasir kita membayar lebih deh.

makan di luar juga akan menambah biaya ekstra untuk parkir, bensin, dan lain lain. makanya gue saranin buat beli makan yang deket-deket kos aja bro. dan jalan kaki. sekalian olah raga.

7.       Pengeluaran tak terlihat

Gue menyebut ini sebagai pengeluaran tak terlihat. yakni pegeluaran yang sering banget kita keluarkan, tapi kita tak pernah sadar berapa nominal pasti berapa duit yang kita keluarkan. misalnya. duit beli pulpen, alat tulis, biaya fotokopi tugas. parkir. dan lain-lain.

pengeluaran kayak gini harus tetep di perhatikan. soalnya sadar gak sadar. pengeluaran seperti ini pasti kita keluarin. tapi selalu ga sadar. udah numpuk aja.

8.       Duit Darurat

Misalnya punya saving money, jangan langsung di foya-foyain. ada baiknya tetap di simpan sebagian. gue menyebutnya “Duit Darurat”. fungsinya adalah buat jaga-jaga misalnya kita sakit. duitnya bisa di pake buat beli obat atau ke dokter. 
 
Yap begitulah kira-kira cara gue berhemat. inti dari berhemat ala gue adalah tau kemana aja duit kita mengalir.. kalo udah tau. kita pastinya tau cara untuk menekannya. 

Selamat berhemat. semoga bermanfaat yak.

 udah ah.. gue mau kerja lagi. BYE!



1 Response to "Tutorial hemat buat anak kos ala Adygila"

  1. Dan akhirnya gue merantau juga bang wkwk, setelah sebelumnya baca buku mu curcol rantau kacau

    BalasHapus

Dikomen boleh. dipipisin yang jangan