homesick !!


(Gambar Nyomot di gugel)

kadang, elo pernah ga ngerasain situasi kayak gini : baru pergi dari rumah untuk waktu yang lama, baru juga jauh 2-3 hari, tapi berasa pengen pulang, lingkungan berasa suram, sepi, dan seolah tidak bersahabat. intinya, lo berasa punya keinginan yang kuat untuk pulang kerumah, padahal sebenarnya baru juga beberapa saat lo pergi.

Menjadi seorang perantauan, jauh dari rumah, jauh dari keluarga, jauh dari kamar tidur dan guling kesayangan . terkadang membawa kita kedalam suasana yang galau. galau pengen pulang, atau bahasa ngetrennya “HOME SICK”.

ciri-ciri orang yang terkena penyakit ini biasanya lebih memilih menyendiri, melototin hape sendiri ngeliatin foto-foto di galery. ngeliatin foto bokap ama nyokap di handphone.  bahkan ada beberapa kasus dimana orang tersebut menangis hingga tersedak-sedak, bahkan dalam beberapa kasus spesial, ada yang sampe nangis sambil ngupil, terus upil-upilnya dijadiin satu, di bentuk Snowman, dikasi mata, dikasi mulut, terus di peluk-peluk.

Home sick itu wajar, gue juga kadang ngerasa kok Homesick, apalagi kalo tanggal tua. atau tanggal-tanggal dimana gue butuh duit lebih buat beli buku paket.  (iya dy, iya, terserah!).

Bahkan nih ya, gue sempet googling, Sebuah makalah yang ditulis oleh Chris Thurber dan juga Edward Walton dalam jurnal American Academy of Pediatrics bilang bahwa rindu kampung halaman (homesickness) didefinisikan sebagai penderitaan atau kesengsaraan dan penurunan fungsional yang disebabkan oleh pemisahan dirinya dengan rumah atau objek-objek tertentu. behh sangar gak tuh..?
oke jangan panik. gue punya cara jitu agar homesick ga terlalu menyebar terlalu luas kedalam diri lo yang paling dalam, tsaaah ! cek dis aut !

1. Banyakin Nongkrong  temen sebaya.

misalnya gue kangen rumah, dan rasa kangen itu membuat gue seolah terpuruk, gue selalu mencoba mengalihkannya dengan ngajak temen-temen gue sekampus (atau sekantor misalnya elo orang kantoran, sesekolah misalnya elo anak sekolahan, sekamar misalnya elo… ah sudahlah). biasanya gue jalan ama temen-temen gue ke mall, ngopi di CafĂ©, ke kampus sekedar main kartu, dan lain-lain, cobain deh.
tapi gue nyaranin nyari temen yang sebaya, sebaya maksudnya seumuran. kalo bisa sih jangan ama temen yang lebih tua. ama senior yang umurnya udah bangkotan. ngeliat mereka, kita malah akan kangen bokap. jangan sampai entar kebawa suasana terus salim, ujung-ujungnya minta duit bulanan… jangan..

2. Kurangi nelpon rumah

Mungkin sebagian dari elo mikir gini, misalnya gue kangen, gue nelpon orang rumah aja, ilang deh kangennya.

kalo gue, gue malah menghindari nelpon rumah. alasan gue gini, misalnya gue nelpon rumah, itu akan membuat gue semakin kuat untuk pulang, gue nelpon nyokap gue, terus bilang “ma kangen ma..” dan nyokap gue ngebales “pasti bulanan habis ya…” eh salah jawabnya gini, “iya mama juga kangen kamu nak”. itu membuat  gue malah semakin terpuruk dalam rasa kangen. makanya gue jarang nelpon rumah. malah bikin tambah kangen.

3. Lebih sibuklah.

kata orang, sibuk akan membuat kita lupa segalanya. iya sih, gue kadang misalnya sibuk, gue kadang lupa semua-semuanya. lupa makan, lupa tidur, lupa gue laki-laki. dan lupa segala hal, termasuk lupa gue lagi homesick. gue kadang banyak melakukan hal dikampus. kayak ngurusin organisasi, ikut kepanitiaan, ngerjain tugas, ngegame, main kartu. semua kesibukan gue ini membuat gue nggak punya banyak waktu menye-menye untuk homesick.  pulang ke kos gue langsung tepar.

kadang sibuk juga membuat kita lebih mudah buat move on dari patah hati loh. huehehehee.
Biasanya sih homesick cuma melanda dengan sangat hebat untuk mereka-mereka yang masih mahasiswa baru yang baru beberapa bulan pergi dari rumah, tapi buat yang mahasiswa lama atau yang bangkotan, biasanya malah nggak homesick. setiap pulang, selalu ditanyain, “Tugas akhirnya gimana Nak? Skripsinya udah nyampe mana? Baik-baik aja kan ama dosen  Pembimbing?  Calon pacar udah nemu Nak? kapan Lulus?” PFFFFFFFFFFFT !!

Hmmmm..

kalo dari gue sih, kita harus bisa terus berpikir positif, jadiin homesick itu sebagai pecut buat elo biar kuliah jadi lebih baik. apalagi buat yang masih mahasiswa baru. dengerin nih. misalnya elo lagi homesick, jadiin ini sebagai motivasi elo, belajar yang giat dan rajin, kerjain tugas dengan baik dan benar. bayangin misalnya elo punya nilai yang bagus nantinya hasil dari ngerjain tugas dengan baik dan giat belajar, elo bisa pulang lebih lama buat ngumpul ama orang tua di rumah.

mungkin sekarang elo lagi galau mikir rumah. percaya kata gue deh. walaupun secara fisik keluarga jauh dari mata, tapi, doa mereka selalu ada dikiri dan kanan elo kok, itu akan menjadi lilin yang menerangi hidup lo yang kesepian.

oke deh, gitu aja postingan kali ini, nyokap gue tiba-tiba nelpon nih, See u next !! :*

1 Response to "homesick !!"

Dikomen boleh. dipipisin yang jangan