Hal-hal yang gue pikirkan ketika gue memutuskan untuk membeli VCD/DVD bajakan



Pada post kali ini gue akan nulis tentang hal-hal yang gue pikirkan ketika gue memutuskan untuk membeli VCD/DVD Bajakan. oke here there are :

1. Alasan Utama gue membeli VCD/DVD bajakan adalah harga. kalo di bandingkan antara Bajakan ama Original, Bajakan Harganya miring banget-bangetan. beli original 59ribu cuma dapat 1-2 keping, untuk bajakan cuma dengan 8ribu udah dapat.

2. Bajakan sangat update. Original biasanya keluar paling cepat 6 bulan (biasanya 1 tahun) setelah tayang di Bioskop. Bajakan udah keluar bahkan sebelum film itu premier di bioskop.

3. Membeli Bajakan itu mudah. gue bisa membeli Bajakan dimanapun. di Mall, di pasar, bahkan ada beberapa Ruko yang menjual ekslusif VCD/DVD bajakan.

4. Membeli Original itu rumit. pertama, untuk membeli original gue harus ke Kota dulu. kenapa? karena dipelosok ga ada yang jual. bagaimana mungkin kita membeli sesuatu yang tidak dijual orang? mungkin kalo di Jawa gampang. di Kalimantan rada sulit. gue minimal harus ke Samarinda atau ke Balikpapan dulu untuk beli original (dan seingat gue, ruko original di Samarinda udah close yang di Mall -..- )

5. gue nonton film bajakan tidak lebih dari dua kali per/film

6. jika disuruh milih antara membeli original atau Bajakan, gue sangat interest untuk punya original, tapi ada daya kantong cuma sanggup beli bajakan

7. Buat yang ga pernah beli original, berikut adalah kelebihan dari original ketimbang membeli bajakan :
• kualitas Original dan bajakan itu bagai langit dan bumi, dari segi kualitas gambar, cover, suara. kalo ada Bajakan yang gambar dan suaranya bagus, itu juga karena pembajak membajak original (jadi originalnya di duplikat dan di perbanyak)

• di Cover Original tercantum sangat lengkap berbagai hal penting yang menarik. yang tidak akan kita temui di bajakan.

• dalam Original biasanya menyediakan banyak fitur tambahan, seperti aftereffect dari film tersebut, behind the scene, wawancara dengan cast (artis dan sutradara) dan produser yang membuat kita makin tertarik dengan film. jadi kita tidak hanya menonton film mentah mentah. kita juga bisa melihat film secara “telanjang”

• kualitas Teks dari original sangat bagus, soalnya di kerjakan secara profesional oleh ahli bahasa yang memang berkualitas, bukan seperti bajakan yang cuma transletan kasar. bahkan sering beolong-bolong.

• umur bajakan itu rendah. biasanya setelah 4 hingga 5 kali putar secara full discnya udah lecet, dan gambar/suaranya macet-macet. sedangakn original umurnya unlimited kecuali Discnya elo patahin

• Semakin sering elo beli original, makan semakin keren film-film di masa depan. ya. royalti yang kalian bayar akan merangsang produser untuk membuat film yang jauh lebih keren.

• Original itu selain cuma untuk di tonton/didengarkan. bisa juga di jadikan koleksi dan layak untuk Pamerkan. karena tidak semua orang bisa membeli yang original

8. VCD/DVD bajakan pada hakikatnya adalah barang-barang ilegal. dan semua transaksi barang ilegal itu adalah tindakan kriminalitas layaknya membeli minuman keras tak berijin dan membeli narkoba. biasanya orang membeli barang ilegal secara diam-diam, di gelap-gelapan atau di kirim lewat jasa kurir yang ilegal juga. tapi bagaimana mungkin gue bisa merasa bersalah jika gue bisa membeli bajakan yang sebenarnya ilegal selayaknya bertransaksi secara legal? gue bisa membeli bajakan di Mall, di pasar. bahkan di pakein kresek dan gue tenteng-tenteng dengan santai.

9. gue lebih suka membeli original untuk musik. entah mengapa ada kebanggan tersendiri ketika gue punya originalnya. gue merasa sangat ganteng. baisanya gue pajang di dalam mobil, atau gue susun di rak yang rapi. sedangkan untuk bajakan gue biasa beli untuk film. selain karena yang film lebih mahal (banget), film juga paling gue tonton sekali, sedangkan musik gue dengarkan berkali-kali.

10. Ketika gue ngambil Bajakan dari raknya di toko. selalu ada pikiran “suatu hari nanti gue pengen beli yang original kalo emang udah keluar”. terus gue membayarnya di kasir. dan ketika yang original benar-benar keluar. ketika gue udah di Store yang ori. selalu muncul pikiran” anjriit mahal banget. beli bajakan aja deh”

11. gue bingung, kemana larinya DVD/VCD bajakan yang gue beli setelah gue tonton. kebanyakan dari mereka lenyap entah kemana. ada yang nyelip, ada yang dipinjem ama temen dan hilang.


7 Comments

  1. menurut aku, ketimbang membeli dvd bajakan (film), lebih baik download di intenet soalnya kualitasnya cukup bagus apalagi yang udah kualitas BlueRay.

    BalasHapus
  2. Pengalamannya gak jauh beda, pernah beli dvd sampe puluhan. Pas dipinjemin susah banget baliknya, untung cuma bajakan jadi gak terlalu nyesel kalo gak pulang..hehe

    BalasHapus
  3. ya sebenernya tetep aja gak bleh nonton pake vcd bajakan, tapi mau gimana ya, mau yang kualitas agak bagus di negara ini mahal. lagian negara ini gak ngasi rakyatnya tempet nonton gratis

    BalasHapus
  4. klo untuk musik, gw jg males beli bajakan. krn yaa itu kualitas cd bajakan pst jelek, apalagi klo didenger berkali-kali.

    tp klo film, ehm.. ehm.. secara gw lbh sering beli drama korea (yg bisa sampe 3-4 disc per drama) jarang jg nemu yg ori, lbh banyak dipinjem trus ga balik, yaaa bajakan jg deh gw belinya :">

    BalasHapus
  5. setujuh sekali sama mba pressss hehehehe peace deh ^^v tapi tetep aja jarang banget, terakhir beli2 tuh agustus hahaha

    BalasHapus
  6. setujuh sekali sama mba pressss hehehehe peace deh ^^v tapi tetep aja jarang banget, terakhir beli2 tuh agustus hahaha

    BalasHapus
  7. beli ori aja
    tinggalkan bajakan

    BalasHapus

Dikomen boleh. dipipisin yang jangan