Masa-masa Symbian…

“apaan tuh Samsul! Hape murah pake plastik!!”
“Hih dari pada hape situ, Ipin..! kagak bisa bikin inovasi! Panjang doang macem titit!”
“enak aja!! Hape sini hape Ekslusif!!”
“hape gue jelas appsnya banyak! Pilihan banyak!! Gak kayak situ dikit-dikit bayar!”
“HAPE GUE YANG PALING BAGUS!!”
“HAPE GUEEE!!”
“HAPE GUEEE!”

Kemudian gebuk-gebukan, hapenya bengong.

Entah kenapa, gue eneg liat berantem-beranteman adu merek hape gini, baik itu di dunia nyata, lebih-lebih di dunia maya. Heran aja.. beli kagak. Ngomel iya.

Jujur aja gue kangen masa-masa Nokia masih berjaya. Zaman dimana ipone masih prototype, dan Samsung masih hape buka-tutup kayak hape mainan, dan nokia masih berjaya raya. Dengan dua OS andalannya. Symbian, dan Java. 

Gue. Pengguna Symbian.


Hape  yang gue pake dulu Nokia 6600, hape yang lebih mirip ulekan sambel ketimbang alat komunikasi. Tapi banyak hal yang gue kenang di OS Symbian, dan ga pernah gue dapatkan di OS Android maupun iOs secanggih apapun mereka. Apa saja itu?  Yuk mari disimak :

1. Mp3 kompresan.

Jaman Symbian dulu jangan dikira dengeri musik suaranya bisa se-HD sekarang, karena keterbatasan ruang memori (dimana dulu memori paling gede adalah 128 MB, sehingga semua hal yang ingin kita simpan di Hape harus di “kompres” istilah gaul jaman dulu yang berarti me-resize file menjadi sangat kecil. Begitu pula dengan File-file mp3. Lagu yang aslinya 3-7 MB di press jadi tinggal 200-500 kb. Alhasil lagunyanya jadi nyempreng luar biasa. Niat dengerin lagu biar hati adem, telinga cacar air.

Dapat mp3nya dari bluetooth hape temen. Atau ada yang niat beli di counter hape 10 ribu dapat 10 lagu.


2. Printscreen-ception

No “Real”privacy untuk smartphone jaman sekarang. SMS aneh, di printscreen. BBM nakal, di printscreen. Printscreennya gampang. Tinggal sentuh Icon, ke-save. Bahkan beberapa hape android tinggal nyapuin 4 jari ke layar. Ke-save. Udah gitu disebar-sebar via twitter, FB, yahoo finance.. (yahoo finance??)

Jaman dulu Printscreen ribetnya Naudzubillah. Karena hape jaman dulu jarang yang punya fitur secanggih printscreen.  Cara paling gampang adalah hape foto hape. Jadi ketika kita ingin mengabadikan satu layar, caranya di foto pake hape lain, mau di copy? Foto lagi pake hape lainya.  Jadi bentuk printscreennya jadi foto dalam foto dalam foto dalam foto.. puyeng kan lu.

3. Ngoleksi gambar-gambar ga jelas.

Yang punya hape Symbian pasti gue jamin ngelakuin hal yang sama, Galeri penuh dengan gambar-gambar ga jelas dari konter hape. Mulai dari gambar-gambar motor.  Foto-foto cewek entah siapa. Wallpaper alay yang isinya tulisan : “minjem hape gue bayar lima ribu”, kaligrafi, keajaiban Tuhan. Macem-macemlah. Kebetulan gue nyimpen beberapa :)) nih beberapa koleksi nista gue :




mata gue bernanah..

4. folder dengan nama atau kalimat

Hape symbian bisa dibikin folder, dengan nama folder yang bisa kita namain sendiri. Dan kerennya (atau.. alaynya..) kita bisa membentuk kalimat dari foder 3x3 dilayar hape. WOW! Jiahahaha.. masa-masa itu..
Misal, folder 1 kita namain “Ady”, folder 2 kita namain “ChaYang”, dan folder 3 kita namain “DzumIntEhn” maka kalo dari kejauhan seolah kebaca.. “Ady ChaYang DzumIntEhn”

Hoek.. 

5. Edit Foto dengan bingkai-bingkai 2 pixel.

Fitur ini sebenarnya Cuma ada di hape Symbian high end (saat itu) kayak nokia type N Series. Jadi foto.. dikasi bingkai kerlap-kerlip. Dikasi nama diujungnya.. ada juga yang kreatif. Dikasi puisi. Penuh satu foto. Bukannya keren. Malah kayak spanduk lalapan ayam. -____-


6.  Game-game Symbian.

Nah ini yang paling berkesan menurut gue.. Game-gamenya.. gak keren sih sebenarnya. Tapi kenangannya itu loh :’) ada beberapa game yang menurut gue “keren” banget pada masa itu. Yang gue mainin game-game n-gage kayak Sonic, Asphalt, (ajigile, ini gamenya dulu harganya 100ribu yang original. Padahal Cuma 2D dan ga sampe 10 MB gedenya -____-) dan game khusus symbian kayak Explode Arena. Itu yang kayak Bomberman bisa dimainin berdua ama hape lain via Bluetooth. Ada juga game FishTycoon. Game miara ikan, terus ikannya dikawinin. Dapat ikan legendaris :’))))


Game sekarang banyak game ‘kagak ikhlas’.. naik stage dikit. Bayar.. ganti karakter.. bayar.. benci gue :( 

7. Chattingan via mXit 


Setelah booming Yahoo Messenger di PC.. (yang sekarang udah sepi banget kayak hatinya para Jomblo), munculah mXit sebagai apps chat, gue kurang tau sebelum ini entah ada apps chat mobile lain yang udah ada. Tapi dikalangan temen-temen gue  yang booming sih ini, ga tau kalo ditempat lo. mXit kayak jawaban bagaimana cara PDKT dengan gebetan paling murah dimana saat itu bonusan SMS masih minim. 

Kalo dari gue  ini sih.. sebenarnya banyaaaaaaak banget. lu punya versi lu sendiri? Tambahin di kolom komen yak. ^^ 

8 Comments

  1. Koleksi gambar gak jelas, gue banget. :))
    Sumpah, postingannya lucu. :)))

    Lanjutin dah.

    BalasHapus
  2. Hahahaha.... Gue juga dulu sering ngoleksi Gambar2 aneh kek gitu.. Jadi kangen HP yg pertama kali punya hasil Nyolong di Mall.. #NahLoh.. Ahahahaha :'D

    BalasHapus
  3. Si anjing foto lu gak banget di, sumpah. Taik banget. hahahaa...

    BalasHapus
  4. gue baru tau mXit dari postingan lo, hahaha.

    BalasHapus
  5. Hahaha. Nice observation, Dy!

    BalasHapus
  6. Gue inget jaman-jaman ini :))
    Syukurlah waktu itu hape gue nokiatun hitam putih, gak ngalamin masa-masa menyedihkan kayak gitu.


    yang ada gue malah maen space 2

    BalasHapus
  7. EXPLODE ARENA! jaman jamannya apa kata guru di depan kelas ga didengerin, malah blututan berempat maenan explode arena di bawah meja pffft.
    duuuh dulu NGage QD aku foldernya cuman dibikin 3, yg pertama 140192 (tanggal lahir sendiri), terus 280391 (tanggal lahir pacar eh mantan), sama 070906 (tanggal jadian). YAELAH WKWKWKWWK

    BalasHapus
  8. @qibi : nah kan curhat masa lalu malah haha

    BalasHapus

Dikomen boleh. dipipisin yang jangan