Review Poconggg juga Pocong #PJP @poconggg


Semua penghuni twtter mungkin udah nggak asing lagi dengan akun misterius milik setan gagal tak bertangan yang kerjaannya bikin galau timeline tiap malam Minggu, @poconggg , lo juga nge-follow bukan? Beberapa minggu lalu akhirnya buku yang dia tulis (entah dengan apa dia ngetik, setau gw pocong tangannya diiket) terbit. “poconggg juga pocong”.

Awalnya gw nggak tertarik dengan bergentayangannya buku ini di gramdia, namun setelah membaca mentionnya @poconggg yang kebanyakan menyebutkan bahwa buku ini lumayan asyik buat di baca. Gw pun akhirnya terhasut untuk kejurang kegelapan bersama Abg-Abg labil lainnya, yakni ikutan beli bukunya. Tapi ternyata beli bukunya nggak semudah yang gw kira.

Gw harus jungkir balik di gramedia, jumpalitan berebut buku, terus ngantri ngular ampe keluar gramed, namun naas, bukunya malah habis setelah 4 antrian di depan gw, dan itu terjadi berkali-kali. Sempet nyerah untuk dapat bukunya, beruntung, gw ketemu @faristoteles , junior gw di kampus, yang iklas gw suruh ngantri berjam-jam di gramed, desek-desekan, dengan imbalan seribu rupiah. Yes.

Oke, to the point, post kali ini gw akan mereview bukunya @poconggg , poconggg juga pocong,

Sinopis :

Buku poconggg juga pocong, mau di bilang sebuah personal literature, bukan, soalnya ini buku menceritakan setan,bukan orang, mau bilang ini biografi, tapi isinya bukan tentang semasa hidup orang, tapi malah mencertiakan tentang semasa mati orang. Jadi agak bingung mau di kategorikan apa buku ini, tapi di belakang bukunya ditulis bahwa buku ini termasuk novel, oke kita ngikut aja.

Jadi inti buku ini adalah menceritakan tentang kehidupan Poconggg si setan cupu yang nggak punya kemampuan apapun selain melompat dan melompat. Akhirnya di disisihkan dari pergaulan setan, sampa akhirnya dia pun ngeliat fenomena remaja Zaman sekarang yakni TWITTER, dia pun memutusnya merubah pola pikir setan yang nakutin dengan bergentayangan malam hari menjadi bergentayangan di dunia Maya.

Diceritakan pula poconggg yang di tantang oleh pocong jawa bernama Anjaw untuk nakutin orang dan akhirnya terjebak di portal yang tertutup. Cerita tentang kisah cintanya bersama Seilla semasa hidup, dan datenya dengan pocong bernama Dea. Ada konsultaconggg , ada PrediksiPoconggg, dan banyak lagi cerita seru lainnya, dmana semuanya di kemas secara humoris dan mengundang tawa.

Pendapat gw tentang buku ini :

Secara menyeluruh buku ini cukup menggelitik, dan ringan untuk di baca, terutama bagi mereka yang agak malas baca buku dan lebih suka nonton film, bahasanya juga cukup ringan sehingga humornya ga perlu mikir terlalu panjang dan lama kita langsung dapat klimaksnya. Bab yang paling gw yakni bab “first Date” (semua kebanyakan juga suka bab ini, jadi menurut gw you should read that chapter)

Tapi. . .

Ada beberapa hal yang sedikit gw sayangkan dari buku ini, walaupun buku ini kocak, tapi humor yang gw dapat dari buku ini ga se “wah” yang gw bayangkan, kebanyakan ininya adalah pengulangan dari Joke-Joke yang pernah dia keluarkan di twitternya, bukan sesuatu yang baru lagi sehingga pas gw baca buku ini, gw selalu ngerasa. “ah kayanya gw pernah baca joke ini deh di twitternya” dan itu terjadi berulang-ulang. Joke dalam satu bab terkadang nggak jarang gw temuin lagi di bab setelahnya. Jadi berasa sedikit garing.

Contoh aja seperti tentang joke mencari pacar seperti mencari angkot, dan puisi AADC yang sudah pernah dia tulis di twtter. Dia tulis lagi di buku dengan sedikit pemanis di bukunya, dan juga bab “Pray for Aa” yang copas dari blognya. Dan gw Cuma bisa narik nafas dan menghembuskannya lagi sambil mendesah “yaahhh ini kan gw udah pernah baca sebelumnya. . “ semacam Anti-klimaks, juga yang gw sayangkan adalah pada Bab Konsultaconggg, ada joke tentang berteman dengan 356 teman yang berbeda supaya dapat traktiran terus tiap hari. Ini jelas copas jokenya Alit susanto (@shitlicious)

Versi @Poconggg dalam buku #PJP

versi @Shitlicous (link)

eniwei Bab konsultaconggg mirip ama joke ramalan bintangnya Raditya dika (@radityadika) di novel pertamanyanya. Kambingjantan, plesetannya ramalanan bintang gitu deh. jadi berasa "yahh.. poconggg kok ga kreatif gini yah"



Bukunya juga terlalu tipis menurut gw, jadi berasa makan di McD, makanannya enak tapi porsinya dikit.

Overall rating yang bisa gw kasi adalah >> (6.9/10)

Selamat membaca :)

7 Comments

  1. Menurut aku sih pocong yang ini kok agak overrated ya. Jadi males. Hehe. Btw, nice review dy. Lumayan jd referensi drpd keikut para abg labil lainnya *sok dewasa.

    BalasHapus
  2. Gua juga ga begitu tertarik sama ini buku, soalnya pada dasarnya gua ga begitu suka baca buku. :))

    Btw, pas kemaren gua nganter temen ke gramed mau beli PJP ini ternyata udah abis pas saat itu juga, jadi harus pesen. Gila juga ya. Mungkin dari promonya juga, wajar, followersnya di twitter udah banyak banget, termasuk gua. :)))

    BalasHapus
  3. wah pocongnya gaul abis ye... siapa tau klo nanti balik ke Indonesia udah ga ngantri lagi ya untuk mendapatkannya.

    BalasHapus
  4. jalan2 ke sini. gue belom pernah baca bukunya PJP nih. jadi pengen liat hehe.

    salam kenal ya. :D

    BalasHapus
  5. Lo bener, kebetulan arief satu kampus sama gue, walaupun gue nggak kenal kenal banget tapi temen gue banyak yg kenal.. Arief sebenernya aslinya cukup lucu dan iseng, tapi dia basicnya artis twitter.. Dia bukan penulis, dia nulis ketika dia udah populer di twitter jadi ya wajarlah kalo rada garing bukunya

    BalasHapus
  6. Good Review. Bener juga sih.. Malahan aku baru baca bukunya kemarin. Haha #telat abis

    BalasHapus

Dikomen boleh. dipipisin yang jangan