Traveling : Sunrise di Penanjakan

Piiss!
Jalan-jalan di Jatim kurang apdol rasanya kalo belum ke tempat wisata yang berbau-bau gunung, mulai dari gunung tertinggi yakni gunung Semeru, sampai gunung kembar di Dolly (sayangnya udah tutup tempatnya)

gue seneng nikmatin pemandangan sejuk pegunungan. masalah utama gue cuma satu, stamina. eh dua deh, ama mental. karena naik gunung tentunya membutuhkan dua hal ini biar bisa sampai dengan selamat sentosa. hampir sema wisata pegunungan mengharuskan kita buat tracking. buat yang badannya bongsor kayak truk molen dan stamina kayak kakek-kakek umur 200 tahun kayak gue, tracking? duh. bangun dari kasur aja gue sulit kakaaak.

Bromo jawaban kegelisahan gue.

yup buat yang males banget tracking, alias jalan berkilo-kilo. Bromo bisa jadi pilihan. untuk mencapai tempat wisata ini bisa dengan dua alternatif, yakni naik motor, dan naik mobil jeep (disewakan ketika masuk, sekitar 300 ribuan).

Lifehacks : Jangan pakai motor matic atau mobil biasa (city car dan minibus), sangat sulit nanjaknya karena medannya banyak naik gunung dan curam. licin juga karena kadang ada medan yang banyak pasirnya

apa aja yang bisa dilakukan di Bromo? ini! :

1. menikmati pagi di Penanjakan.

Penanjakan adalah point view buat ngeliat matahari terbit sambil minum jahe, udaranya yang dingin banget, men! kisaran 2-18 derajat. adem.

coba tebak ada berapa gunung



2. Kawah Bromo

Bagian yang menurut gue spektakuler adalah pemandangan kawah Bromo. namun untuk mencapai ini kita butuh sedikit tracking. tapi nggak masuk-masuk hutan kok, tenang. kita akan jalan melewati lautan pasir. kalo capek bisa nyewa kuda. di sekitar situ banyak mamang-mamang yang nyewain kuda.

tapi nggak sampai disitu, setelah tracking, untuk naik ke gunungnya jangan takut bakalan harus mendaki-daki kok. ada tangganya. tapi, panjaaaang. dan yang paling menyulitkan menurut gue suhunya yang dingin banget itu. yang ngidap asma sedia inhaler, soalnya banyak pasir bertebaran dan oksigennya dikit namanya juga di atas gunung.


3. Bukit Teletubies

untungnya kalo ke Bromo naik sepeda motor adalah kita bisa menentukan sendiri jalan pulang dan jadwal pergi maupun pulangnya. Nah! kalo naik motor mending pulangnya lewat Tumpang lalu ke Malang, bukan putar balik ke jalan masuk. kenapa? pertama jalannya landai tidak seterjal masuk, kedua, banyak spot bagus yang bisa lo datengin buat foto-foto, contohnya ini : 



temukan tinky winky!

orang-orang sih nyebutnya bukit teletubies, soalnya mirip sama gunung yang ada di serial anak-anak teletubies. mirip kan ya? 

Lifehacks : Ke Bromo dengan budget terbatas 
Ke Bromo kalo diitung-itung budgetnya lumayan besar menurut gue, pertama lo harus nyewa mobil buat ke spot dan pulang, lalu nyewa jeep buat naik, belum penginepan, nyewa guide, makanan, dan lain-lainnya. cara ngakalinnya gue gini :

  • naik motor, bukan motor matic. ini bakalan bikin kamu saving dari menyewa jeep. cuman siap-siap aja motor abis itu diservisin, soalnya medannya lumayan berat.dan jangan lupa beli bensin cadangan, kenapa? jalannya banyakan nanjak dan pastinya nguras bensin, di sana SPBUnya jauh jadi kalo bensin lo abis tengah jalan. ya wassalam.
  • Berangkatnya tengah malem aja, sekitar jam 11-12 malam (dari Malang), nyampe sekitar jam 2-3 pagi, gerbang ke Bromo baru buka jam 3 pagi. tujuannya apa berangkat malam? hemat waktu dan nggak perlu nyewa penginepan. alias free!
  • kalo bisa sih bawa bekal mie instan cup, kopi, gelas kertas, dan termos berisi air panas. di sana ada sih jualan tapi harganya bisa lebih mahal.

2 Comments

Dikomen boleh. dipipisin yang jangan