Surabaya GILA !


HELLO SURABAYA.......!



“wow”

Kata simpel ini terucap batiniah oleh bapak2 belah tengah yang duduk tepat didepan gw, nyaris aja gw ga dapat tempat duduk, seolah terpesona dengan benda yang ada di tangan gw. rubik’s. selalu hadir dimanapun gw berada, gw aak lalu gw susun. Begitu terus dan gw ga pernah bosan.

“udah lama maen ginian dek..? cepet banget tangannya” bapak2 itu bertanya dengan penasaran. “oh iya udah lama pak” jawab gw
“mau kemana yah..?”
“saya mau ke Surabaya pak”

hari ini kereta api penuh banget bahkan ada beberapa penumpang yang terpaksa berdiri di lorong-lorong. Pedagang asongan beputar-putar menjajakan dagangannya, kisruh, penuh, sesak, sangat sesak.

“beginilah kereta api ekonomi Dy, merakyat.. persis pasar ikan asin”

Sedikit namun pasti anak ini menghisap rokok mentolnya, perawakannya yang kecil dan wajah yang “lucu”, si biang kerok, si otak sehingga gw, emil, dan debby berada disini, di kereta api ekonomi. Ahmad Rizal Jayadi. Nahkoda kami selama perjalanan keSurabaya sabtu pagi ini.
Ide ke Surabaya ini tercetus dari mulutnya jum’at 2 minggu sebelumnya saat kami asistensi untuk pengantar akuntansi II.

Sebelumnya gw pernah bercerita kalo semester lalu gw dan Emil sukses (sukses?) bertravel ria ke Jogjakarta, gw dan emil termasuk mahasiswa yang “kurang” beruntung, disaat teman2 gw yang lain bisa menghabiskan minggu tenang dengan keluarga mereka masing2, kami malah membusuk di kosan, yap, kami berdua adalah mahasiswa perantauan yang ga mungkin pulang hanya satu-dua minggu saja, gw dari kalimantan timur, emil dari Sumatera. Ide untuk bertraveling ria pada dasarnya adalah ide Emil dan minggu tenang adalah waktu yang tepat.

“gimana kalo kita ke Surabaya aja semester ini..? koen ama emil kan kemaren udah ke Jogjakarta.. untuk minggu tenang kali ini kita ke Surabaya aja..” cetus Rizal memberi ide
“aku ikut..!” Debby menyahut
“Deal..! tahun ini kita ke Surabaya..!” Emil penuh semangat.

Yap.. SURABYA.. we are come in..
SURABAYA MISION 1 : berlibur dengan waktu 3 jam saja

Nyasar.. :hammer:

Berhubung waktu kita mepet.. benar2 mepet. Hanya 3.5 jam saja (kita sampai ke surabaya jam 1 siang dan harus balik lagi jam 4.30 sore) kita jadi ga sempa kemana-mana, satu-satu nya tempat yang masih mungkin kita datangin adalah royal Plaza yang kebetulan deket banget ama stasiun. Sebenarnya kita harusnya datang jam 10 pagi ke surabaya, berhubung sang kapten kita, Rizal telat.. kita ikutan telat ke stasiun.. ketinggalan kereta.. udah di surabya kita kemana2nya jalan kaki pula. Pas panas pula. Acara liburan berubah menjadi mandi keringat masal.. tapi keseluruhan fun. Dari stasiun sidoarjo aura bonek udah kerasa banget.. dimana2 warna ijo.. terus banyak juga yang jualan baju arema tapi di coret2. Fanatisme yang kuat (atau gw lebih mendefinisikan fanatisme seperti ini terlalu berlebihan dan menjurus ke cacat).

Oya.

Dari kemaren temen2 gw di kampus selalu mewanti-wanti gw kalo surabya itu Panas banget. Tapi pas udah sampai disana gw langsung bertanya-tanya.. “cuma segini panasnya..?” masih panasSamarinda dan tenggarong.. ==!

SURABAYA MISSION 2 : makan lontong balap dan ketemu teman2 dari Smansa

Kalo gw keluar kota pikirian gw terpecah menjadi 2, satu, gw langsung pengen ketemuan ama teman2 gw yang sesama perantau yang kebetulan kuliah di kota yang gw kunjungin kaya gw pas dijogja langsung nyari jati, yudi, dedel, dan teman2. Dua, gw langsung pengen berwisata kuliner dengan semua makanan baru yang ada disini.

Malam sebelum berangkat gw menghubungi beberapa temen2 gw yang ada di Surabaya, gw ngehubungin Dana, salah satu teman gw yang kuliah di Unair Surabya. Tapi kebetulan di ke gresik hari itu jadi ga bisa. Pas gw di Surabaya gw juga ngehubungin Ing, agak ragu sih soalnya gw liat di FB katanya dia lagi Sakit. Gw coba hubungin dan bingo.. dia beneran sakit jadi ga bisa. Terus terakhir gw ngehubungin Amel, dia bilang di lagi ga bisa keluar soalnya mau ada kerja kelompok apa gitu.. gw pengen ngehubungin yang lain tapi ga ada nomornya.

Misi bertemu teman2 SMA pun .. gagal

Terus mkan lontong balap.. gw cek di food court royal .. ga ada juga..

Misi makan lontong balap pun.. gagal..

Jadi intinya misi kedua ini ... gagal.

Tidak apa2.. jadi gw ada hutang buat balik kekota ini lagi.. :D
SURABAYA MISION 3 : foto didepan patung sura dan buaya..

Dari royal Plaza kita jalan kaki.. JALAN KAKI.. *didramatisir* ke kebun binatang.. err.. gw lupa namanya. Yang ada patung sura dan buaya.. dan sekali lagi err... gw lupa namanya.. itu loh yang ada patung ikan kelai sama buaya yang kaya di tipi2 itu. Jadi kita jalan kaki dari royal sempet hujan juga dikit.. gerimis gitu.. jadi ga terlalu panas banget deh perjalanannya.

Jepret..!



Satu hal yang membuat lebih suka jalan kaki ketimbang naek kendaraan adalah gw jadi bisa melihat lebih dekat kota yang gw kunjungin. Merasakan atmosfernya secara langsung. Melihat hirukpikuk kotanya secara nyata. Gw merasa bebas.

Cape juga sih.. tapi fun.. fun banget.. :D

Finally, 3 jam sudah berlalu, waktu gw udah habis. Dari 3 jam itu gw mendapat banyak hal, salah sedikitnya adalah gw mendapat liburan, gw dapat pengalaman, gw dapat senang. Dan WOW. Begitu banyak pesona Indonesia yang belum gw kunjungin. Indonesia itu kayak candu. Saat lo mencoba menjelajahi satu kota. Lu bakal kecanduan pengen kekota lain.. kekota lain.. kekota lain.. fyi : ini pertama kali gw backpacker-an.. pertama kali naek kereta.. pertama kali keluar kota cuma habis duit 10 rb..

Fun.. fun.. funtastis..!

Para tersangka

Have nice holiday All... semester depan enaknya kemana yah..? ada rekomendasi..?

4 Comments

  1. Keluar kota cuma hbs 10 ribu? Oh mahasiswa perantau, I really envy you!

    BalasHapus
  2. hooii.. anak tenggarongg...
    minggu tenang ituuu belajar. malah jalan2. ;p *padahal pengen pelesiran juga. uahaa..

    BalasHapus
  3. @dita : makanya ayo buruan jadi mahasiswa..

    @kantong plastik : hehe iya sih seharusnya.. tapi ga papa lah..

    @kenyo : bukan... itu bukan nama masinisnya.. tapi nama temanku hehe

    BalasHapus

Dikomen boleh. dipipisin yang jangan