(Cerpen) : Mistee Macomblang.


hari dimana postingan ini muncul, entah kenapa gue iseng bongkar-bongkar tulisan-tulisan lama gue yang udah ga gue sentuh hampir beberapa bulan ini. dari puluhan file. gue menemukan beberapa cerpen yang pernah gue tulis pas gue masih jaman-jaman maba yang kayaknya dari pada mendem di laptop. mending gue post aja. 

karena postnya terlalu panjang, gue jump break yak

selamat menikmati 


****

Mistee Macomblang

Starbuck, pojokan deket colokan, cuma mesen segelas kopi 12 ribuan, demi wifi berjam-jam. iya, itu gue. nama gue Anton Supranton. lelaki tulen, ganteng juga. errr.. setidaknya itu kata nyokap gue. 15 tahun yang lalu, saat gue masih TK. dan cuma nyokap yang ngomong kayak gitu sejak 15 tahun yang lalu sampai sekarang. gue pernah nyoba nanya ke temen-temen cewek gue di sekolah tentang gue ganteng apa enggak. besoknya mereka dilarikan ke ruang ICU

Sebenarnya enggak penting juga sih gue ganteng apa enggak, sudahlah, gue udah pasrah. gue udah mencoba banyak hal supaya gue menjadi ganteng. tapi nihil. yang terpenting adalah, gue, kata temen-temen, gue sangat jago dalam dunia percomblangan. ya, kalian sudah pasti bisa nebak, kerjaan gue adalah jodoh-jodohin temen yang membutuhkan pasangan.

Gue dikenal sebagai… Mistee Macomblang.

Sebagai Mistee macomblang, tentunya. gue paham betul seluk-beluk perjodohan. gue bisa melihat pola sederhana yang mungkin bisa ditempuh seorang pria agar bisa menemukan jodohnya.  sepanjang masa bakti gue sebagai Mistee Macomblang, gue udah berhasil menjodohkan banyak pasangan disekolah ini. kayak, Udin dan Sari anak kelas IPA, Sutijo dan Ngatiyem anak kelas bahasa, Joko dan Anwar.. hmm.. err.. lupakan pasangan yang terakhir.

Dari semua pasangan yang berhasil gue jodohkan, yang paling berkesan 2 bulan kemaren. Jhoo dan Dessy, begini ceritanya.

Dua bulan yang lalu, gue diminta seorang temen yang bernama Jhoo yang ngebet banget pengen bisa pacaran ama Dessy, seorang pemandu sorak untuk atlit basket di Sekolah.

Untuk melihat bagaimana cara mendapatkan hati si Dessy, gue harus menerawang dulu apa yang menjadi kelemahan si Jhoo. berdasarkan pengamatan gue, si Jhoo ternyata anak mami. dia suka bawa bekal dari rumah dengan kotak makan siang makan berwarna Pink, dia berangkat ke sekolah dianter nyokap, terus pas nyampe di sekolah, si nyokap suka nyium pipi si Jhoo nyeplak membentuk tattoo bibir di pipinya.  lipstik ini baru menguap 3 minggu setelahnya kalo ga di cuci, dia terlihat sangat culun, pantes si Jhoo agak susah dapetin si Dessy yak.




gue, hari itu, dikantin sekolah, nyaranin si Jhoo kayak gini “Jhoo coba deh, kamu jalan kaki aja berangkat dari rumah ke sekolah” dengan muka dikeren-kerenin.

“heh? gila lo Mistee. rumah gue jauh gilak 4 kio dari sini. bisa hamil kaki gue!”
“lo mau dapetin Dessy ga?” tanya gue.

Jhoo menyerngitkan keningnya, tapi ga lama kemudian, demi Dessy, dia pun luluh. si Jhoo ngikutin saran gue, setiap pagi dia jalan kaki dari rumah ke sekolah, panas-panasan, melewati hutan, membelah rimba, menyebrangi sungai. tiap hari dia lakukan itu Demi Dessy sang pujaan. sampai dia sadar, sekolahnya di kota, dan rumahnya pun dikota, kenapa dia muter ke hutan?

Ternyata eh ternyata, saran gue ke Jhoo berhasil, berkat jalan kaki rumah-sekolah-rumah setiap hari, membuat kaki si Jhoo menjadi Sixpack. badannya keikut tegap, alhasil, si Jhoo. jadi agak gantengan dikit. karena dia jalan kaki alias nggak di anter nyokapnya berangkat ke sekolah. tattoo bibir nyeplak di pipi Jhoo yang selama ini menjadi benalu, lenyap. Jhoo sekarang menjadi pria tegap dan ganteng tanpa tattoo bibir di Pipi. Jalan kaki juga ternyata membuat perut lapar.  

sepanjang perjalanan.  bekal makan siang Jhoo yang pinky kinclong dan nista itu tak pernah keluar dari tasnya, karena sebelum sampai sekolah, bekalnya udah abis duluan. di abisin temen-temennya, termasuk gue. gue juga lapar.

Saran gue berhasil, ya gue emang Mistee Macomblang sejati.

Dessy mulai tertarik dengan Jhoo. mereka memulai proses perkembang biakan manusia yang paling dasar, PDKT, alias Pedekate, atau Pendekatan. Jhoo bahagia, gue bahagia. penjaga sekolah bahagia. eh bentar. kenapa penjaga sekolah ikutan bahagia? ikut-ikut aja deh.

tapi masalah belum kelar sampai disini, Bakso yang gue makan muncrat ketika Jhoo dengan tiba-tiba datang dengan wajah paling mengenaskan sedunia. mata berkaca-kaca. “ada apa gerangan?”  kata ibu kantin dalam hati melihat kejadian itu, “BAKSO GUE TUMPAH DAN GUE RUGI 5 RIBUUU KAMPREET” kata gue dalam hati, ga berani teriak, takut digebukin ama si Jhoo.

“gue di tolak ama si Dessy! huaaaaa !! “ si Jhoo dengan wajah paling menjijikan sedunia, ngomong kayak gitu didepan gue yang baru saja kehilangan bakso  5 ribuan gue.
“heh?? kok bisa? bukannya udah dikasi lampu hijau ya sama si Dessy?” tanya gue.
“iya gue juga gak tau??!! gue nembak nya gini” kata Jhoo lalu berpose ala pangeran, bersimpuh dengan satu kaki “mau enggak eloooh jadi pacar gueeh?” lalu Jhoo berputar dan tersenyum lebar.  senyum Jhoo sungguh Jahanamul, giginya kering kerontang kuning parah, lalu baunya persis pantat sigung.
“yeek, pantes elo di tolak, senyum lo parah abis, aroma mulut lo juga bau kabel kebakar.. parah!!”. kata gue seraya bernafas melalui tabung oksigen.

gue merogoh saku, ngeluarin senjata andalan gue kalo pedekate ama cowok-cowok, eh salah cewek-cewek. ODOL MARKODOL, pasta gigi yang mampu memberikan sensasi dingin di bibir, bikin Pede gue meningkat tajam apalagi ketika akan nembak cewek.

jangan tanya gue kenapa gue tiba-tiba bawa pasta gigi di saku ketika gue sekolah, gue juga ga ngerti. 

gue pun memberikan ODOL MARKODOL gue ke Jhoo. “buruan pake broo. demi elo.” kata gue sambil menunjuk kamar mandi sekolah.

15 menit kemudian, Jhoo keluar dengan kamar mandi
“gimana?” tanya gue.
“Ganass. adem bener.. ketek gue jadi adem-adem gimana gitu”.
“baguslah..” kata gue,
semenit kemudian gue menyadari ada yang salah. “eh bentar.. ketek..?”  “ITUU BUKAN DEODORANT WOOI PASTA GIGI PAKENYA DI GIGI BUKAN DI KETEEEK!!”
“salah yaa..” kata Jhoo dengan muka memelas.
“YA SALAH LAH? OLESIN AJA DI RAMBUT SEKALIAN”
“oh dirambut juga ya..? oke.”

oh god..

Singkat cerita, si Jhoo akhirnya bisa menggunakan pasta gigi dengan benar, di gigi,  bukan di ketek. dia sekarang memiliki senyum yang menawan, Dessy pun jatuh cinta kepadanya, mereka pun bahagia.
Love will find you if you try.

3 Comments

Dikomen boleh. dipipisin yang jangan