Tenggarong, kota para Raja.

*Postingan ini di Edit ulang*

Siang ini begitu menyengat, gerah dan panas gw rasakan. Hari ini sepertinya gw lebih memilih melakukan semua aktivitas didalam rumah ketimbang jalan-jalan dinaungi atmosfer pelegam kulit 18 oktober ini. Seperti kebiasaan gw setiap pulang kerumah setelah pulang sekolah, baju oblong dan celana pendek langsung gw jadikan jirah menghadapi global warming effect seperti yang terjadi saat ini, meneduhkan kepala sejenak di empuknya bantal sambil memandangi jendela kamar diiringi bunyi-bunyian berisik kipas angin tua yang sudah agak reot.

Bosan melanda keras memukul-mukul wajah gw untuk melakukan sesuatu yang seru dan bergairah memindahkan kursor dikepala gw dari sangat-amat-bosan-total jadi sangat-bosan aja, dan chat via YM adalah jawaban dari semua obat yang gw cari untuk menghilangkan rasa kejenuhan yang melanda ini. Gw ambil HP, dan OL. Tapi nggak ada satupun yang OL siang ini, rasa bosan pun berlanjut.

Tak dinaya, seseorang asing nun jauh disana nge-Add YM gw. Dialog yang monolog pun terjadi setiap kali ada yang ngajak gw kenalan dari YM.
“Hai, Ady yah..??”
“iyah, gw Ady, siapa disana..??”
“kenalin gw Naya, cewe, blogger asal Bandung, SMA kelas 2”
“owh, thanks udah nge-add, gw juga, tapi gw kelas 3”
“udah punya Cewe kah”
“males”
“btw, loe blogger dari mana..??”
“gw asal tgr,”
“Tanggerang..??”
“Tenggarong..”
“Nusa tenggara..??”
“Kaltim”
“kotanya asing banget”
“gitu deh..”

Tenggarong adalah Asing, mungkin itu yang dipikirkan orang setiap chat ama gw, kenalan gw di Fs, ato ngepost di Plurk gw. Miris emang gw denger kota tempat lahir gw yakni Tenggarong seolah jauh dari peradaban Indonesia. Ada juga yang parah kaya gini.

“gw asal Tenggarong”
“??”
“kenapa..?? belum pernah denger…??”
“di Papua udah ada Internet yah..??”
“papua pala lo pitak… Tenggarong itu Kaltim”

ato kaya gini

“Tenggarong, Kutai kartanegara”
“dimana itu..?? Kaltim yah kalo nggak salah..?”
“pinter..”
“kerajaan pertama di Indonesia..?? Kutai masih ada toh..??”
“cape deh…”

***

Tenggarong (malam)
Tenggarong, sebuah kota.. bukan kota sih, susah untuk mendeskripsikan Tenggarong itu apa, Tenggarong itu seperti Traditional City, ato Modern Village, mau dibilang kota salah, nggak ada gedung ataupun pusat perbelanjaan seperti mall ataupun supermarket, mau dibilang desa, hampir semua orang disini hidup individualis, naik mobil dengan jalan aspal yang berliku dan panjang. Kota yang agak besar dengan pola lurus mengikuti arah sungai mahakam yang panjang dan luas. Alur sungai mahakam membentang panjang layaknya kaligrafi jepang, sama seperti Sungai Nil nya Mesir, Sungai Mahakam adalah alasan kehidupan yang tepat bagi Tenggarong.

art of war, Erau 2003


Fireworks, Erau 2003

Seperti julukannya, Kota Tenggarong Kota wisata, ada beberapa tempat wisata sejarah yang bisa kita kunjungin disini, seperti Museum Mulawarman dan Museum Kayu Tuah Himba. Selain itu Jembatan Golden gate simbol kota Tenggarong yang mendedikasikan dirinya sebagai bintang dengan cahaya lampunya yang tumpah ruah. Nama Tenggarong sendiri Berasal dari kata Tangga Arung yang artinya Rumah Raja, namun lebih dikenal dengan nama Tenggarong.


Festival Lampion (pulau Kumala)

Tangga Arung.. Tanggarung.. tanggarong.. tenggarong.. *ngasal*

Seperti kota Surabaya dengan ikan Sura dan Buayanya, mitos hewan imajinerpun ada di Tenggarong, Lembuswana, dan 2 ekor naga, yang siap melindungi kota Tenggarong.


Lembuswana


Mahakam, Sang Naga legenda itu..

Sejak pembangunan besar-besaran di Tenggarong, Tenggarong mulai padat dengan semua aktivitas, mulai banyak hiburan-hiburan yang siap mengoyang Tenggarong kapan saja, mulai dari dangdut sampe heavy metal. Efek dari semua itupun juga ada. Seperti Tenggarong yang mulai bising dengan deru-deru kendaraan, orang-orang yang sliwuran kemana-mana, dan makhluk-makhluk asing korban TV.

Tempat nongkrong anak Tenggarong, gw nggak lupa nama aslinya, tapi orang sini menyebutnya dengan istilah BJ, Bawah Jembatan


Planetarium

Kalo ngomong Soal Hiburan, gw jadi ingat waktu ada Yamaha bikin panggung bertajuk Tenda gaul didekat rumah gw, acara Servis motor, adu modif dan perporming band-band indie gitu, acaranya mulai dari pagi ampe Sore, gw sebenarnya udah eneg nonton Band, setiap seminggu sekali pasti ada band manggung didekat rumah, alhasil, tidur gw terganggu.

“Die ada teman kamu tuh” bokap ngebangunin gw dari tidur, pas gw keluar, ternyata Jati, TM dan anak-anak Cronnix lain (gw lupa siapa aja waktu itu yang pasti udah lama banget)
“Beehh, padahal ada Band didepan rumah, loe malah tidur, ayo kemon kita nonton Band aja, dari pada lo tidur” kata Jati.
“Udah bosan Bos, lagi pula gw ngantuk” gw sambil nguper-nguper mata
“ayolah.. kawan..” TM (maksa)
“oke deh”

kami pun satu rombongan jalan kaki dari rumah gw, desak-desakan menuju depan panggung, penuh banget dengan kerumunan orang, kebetulan acara belum dimulai, kami berada disaat yang tepat.

Nggak lama kemudian bebrapa orang ngecek soundnya.

“wah mau mulai nih Bandnya..” kata Jati penuh harap.

Hostnya keluar, pakaiannya norak banget, nge-Blink, pedangdut banget, “Kita Sambut artis ibu kota…!! Dengan judul lagunya.. WAKUNCAR……!! Stelah ini siap-siap untuk yang sudah mengambil kupon, pembagian Dispenser dan Majic Jar” tiba-tiba si Host teriak.

“wakuncar..??” TM bengong,
“perasaan judul lagu dangdut deh” gw menyahut
jangan-jangan…” Jati menoleh penuh keganjilan…

Pengennya nonton Band POP-ROCK, malah nyasar ke Dangdut… mending gw tidur aja tadi..

Makhluk-makhluk korban TV, begitulah gw menggambarkan anak-anak SMA kelas 1 yang baru lulus dari SMP, masa transisi dari kekanak-kanakan ke dewasa mulai kelihatan. Terutama cewe-cewenya, gw jadi merasa terlalu cepat dilahirkan.

Gw ingat ketika nikahan kakak gw, ketika itu gw lagi jadi penerima tamu. Seseosok wanita bergaun putih, kebaya panjang gitu, rambutnya pendek, putih, cantik banget. Ya allah, begitu indah seni yang kau ciptakan ini..! disebelahnya ada temennya pake kemben gitu, rok mini, rambutnya panjang.
“cantik banget…” gw keceplosan memuji.
Om gw yang bareng gw jadi penerima tamu ngapus muka gw.
“huuss.. itu keponakan kamu Die..! nggak kenal..?”
“keponakan..?? kok kaya seumuran yah”
“seumuran dari Hongkong, dia baru kelas 5 SD”
“kelas 5 SD setinggi itu bodynya..??”

kalo cowo-cowo di Tenggarong yang paling parah, pakaiannya dimirip2in kaya Pasha ungu, Rambut poni terbang, celana didodor2in. padahal pantat aja nggak punya, persis kaya tiang, cewe-cewenya apalagi, jalan-jalan naek motor, jins kentat,pake baju pressbody bertuliskan “Bitch” ato “Touch My X”, yang lebih parah berjilbab pula, masya allah….
Semoga kota gw bisa lebih baik lagi di kemudian hari.. mampir-mampir ke Tenggarong Yah.. kita kopdar.

PS : gw banyak ulangan nih, doain gw sukses yah... For Ayme, PR selesai..!! yihi..!


sumber gambar : disini, dan disini

***

Aniwei, ada beberapa peristiwa penting yang barusan gw alamin, POSTINGAN CEPAT here there are :

1. Tenggarong beberapa hari ini puanas Banget... nggak ada turun hujan sama sekali, gw gerah banget, sumpek, pokoknya gitu deh, pikiran gw pengen minum es sambil nangkring dekat setrikaan AC terus. ini yang namanya global warming kayanya..

2. diSekolah gw ada bagi-bagi papan tulis dari Yamaha, keren. ada gambar motornya. imut..


Papan tulis Jupiter MX

3. minggu-minggu ini lagi musimnya guru-guru ngadain ulangan, gila..!! pala gw pusing! dalam satu minggu ada sekitar 2-3 ulangan dalam satu minggu. bener-bener nggak berpri ke-IPS-an yang menjunjung tinggi norma-norma kebebasan. paling parah ulangan Akuntansi kamis kemaren. gw nggak gudeng sama sekali. pikiran gw hampa. dan tebak apa yang gw lakuin selama ulangan.


4. kemaren gw nemenin Dodol bikin kejutan kecil-kecilan untuk ulang tahun mantan Pacarnya si Arin. yang ikut dalam acara itu, gw, dodol, Adit, Eko, Maya, Rani, Mayang, Zeber, dan terakhir si koordinator yang bikin timing acaranya berantakan si Nanda. rencana Awal kita bakal bikin surprice gitu jam 1/2 5an sore. tapi. karena salah koordinasi, acara dimajukan jadi jam 2 siang.. bisa ngebayangin nggak loe..?? akhirnya mereka tanpa gw ngadem dirumah Adit, sang Bos dari jam 2 ampe jam 1/2 5. dan gw, ngadem dirumah tidur... huahahaha.. tapi acaranya seru kok.. Arin sukses basah banget.. *gambarnya Arin Basah nggak gw publikasikan soalnya terlalu menerawang, biar jadi konsumsi kami pribadi saja.. hoho..*

Aniwei, Met ULTAH yah Rin....


CLBK (model : Dodol ama Arin)

Besoknya, kami makan Bakso bakar di Timbau, katanya sih enak, pas kita-kita nyoba.. endang bambang booo... apa lagi ada bonus, setiap makan 10 kali, dapat bonus 10 ribu. kaya Warnet ajah.. hahaha.. sebenarnya acara makan Bakso bakarnya sehabis pulang dari rumah Arin, berhubung waktu tidak mencukupi, besoknya deehh..


5. Abis..*yah abis*


See U at next Post..!! dadah.....


25 Comments

  1. aduuuuh gw binun mo coment apa..hehehe
    cuma liat poto2nya...
    pusing euy..menanti sidang..huff...

    BalasHapus
  2. GILA!!! itu yang bisa gw bilang dhie,
    review lo bener2 bikin gw tambah terobsesi ama tenggarong.
    makasih dhie udah nge=review ini
    hiks..hiks.. *gw nangis terharu*
    but, ayo belajar!!!
    semangat yah...

    BalasHapus
  3. gud job's dhie,,,
    horay ;D,,,
    tempat nya kerenz2,,,
    gitu dunk dhie,di sisi lain kan banyak juga kelebihan2 nya kota tenggarong,,,
    hayuk kopdaran di sana, ongkos ditanggung sama yang punya tenggarong gyhahhaa piss* dhie :D
    *sujud sembah para raja tenggarong, biar diongkosin* tetep ngarep :D

    BalasHapus
  4. sdikit saran sebelum chat:
    dialog chat lo sharusnya sperti ini ketika ngomong ma orang luar kaltim..
    "nilai geografi berapa?"
    "7,5"
    "tau Kutai itu dimana?"
    "NTB?"
    "GO TO HELL!"

    atau

    "nilai geografi?"
    "10"
    "pernah buka atlas?"
    "enggak"
    "FUCK!"

    percayalah, Sumenep juga kota yg asing untuk orang" bodoh yg bermukim di Jabodetabek dan sekitarnya.

    BalasHapus
  5. @ Diana Bochiel : monggo.. kapan2 ke Tgr yaw.. sukses yah sidangnya..!! cepet kawin..!

    @ Yughi :hahaha.. aneh2 ajah.. ditunggu deh.. cepet2 ke Tenggarong yah..

    @ aYme : hahahahaha...!! emangnya gw yang punya Tenggarong.. yee..

    @ Ragil : waahh.. di sensor tuh.. kalo Sumenep gw pernah denger, btw loe pernah ke Tenggaong..?? maen2 kesini.. liburan..

    BalasHapus
  6. wah lucu banget postingnya...:))

    bisa ada referensi nih kalo main ke tenggarong..

    BalasHapus
  7. welehh tuyh cewe ga gaul banged.. masa tenggarong ga tau siyh??? cc aja mimpi2 mo kesana..

    kapan gitu teman cc liatin foto2nya pas maen ke sana..Indah banged... huuuu jadi pengennnnnn

    ajakin cc duonkkkk!!

    BalasHapus
  8. wah gue baru tau disana kayak gitu, itu ada jembatannya ya keren banget.. komplit banget yaa .. gue juga kalimantan tapi selatan bos hehe ..

    gue juga baru tau tenggarong dari elo loh sumpah deh haha

    BalasHapus
  9. @Th3 d1m4spr4bu : g40L 4815 n4m4 l03..!! *becanda ding* kalo liburan ke Tenggarong ajah..

    @uNieQ : ayo-ayo liburan kesini..!! *promosi daerah biar dapat komisi dari dinas pariwisata*

    @Bena : makasih.. gw juga bingung kenapa kota gw kesannya terpencil gimana gitu.. cuman belum terpromosiin aja nih.. katanya sih *ini katanya* Tenggarong tuh Singapurnya Indonesia.. semoga aja kota gw bisa kaya kota2 besar lain di jawa.. Amien..

    BalasHapus
  10. Dikatakai singapur coz banyak koruptornya...

    BalasHapus
  11. hayooo pada tau kota salatiga gak ??? ada di peta kok ...

    walo ga pada tau aku tetep bangga coz kota asalku ya salatiga ( promosi mode on )

    BalasHapus
  12. Wehehehe......
    Biasa itu terjadi di dunia chat. gak ada yang tau tenggarong. Perlu belajar geografi lebih dalem lagi keliatannya.

    "Tenggarong."
    "Tanggerang?"
    "TENGGARONG!!!"
    "Timor Leste ya?"
    ".........."

    BalasHapus
  13. wiw di tenggarong ada planetarium juga ya, baru tau gw

    BalasHapus
  14. @ Rifai : yang sabarlah nak, kita sebagai wong cilik nggak bisa berbuat banyak.. semoga saja mereka bisa diadili seadil-adilnya.. amien..

    @ Masmoemoet : kalo salatiga mungkin orang pernah dengar , nah kalo Tenggarong..?? Btw loe pernah dengar "tenggarong" nggak selain dari Post gw..?

    @ Renaldy : makanya tu.. osok-ku mun chatting.. pasti nanya2 Tenggarong tu apa..?? seterpencil itukah kota kita ini..?? *halah*

    @ Cena : liburan kesini donk.. haha! *berharap post gw dibaca ama Dinas Pariwisata*

    BalasHapus
  15. klo dari foto tenggarong keren ya..mudah2an ga sering mati lampu kaya di bengkulu.

    ho..banyak yg ga tau tenggarong ya?? pertama gw juga ga tau si..*maaapp* tapi pas lo ceritain jadi pada tahu kan?? ck,ck.ck masyarakat yg baik.. promosi..

    BalasHapus
  16. kalo ngeliat tenggarong dari re-view awq.. kesannya hebat banget yowh...
    padhal gaktu2 maha kotanya...

    BalasHapus
  17. wew, foto festival lampionnya keren. gorontalo juga ada tuh, festival pasang lampu. sayang daku ga sempet liat.

    btw, sori nih baru jalan2 lagi. daku pulkam kemarin. hehehe

    BalasHapus
  18. @ presyprezl : moga-moga aja, ya begitulah mbak.. Tenggarong seperti terpencil sekali.. nahh.. itulah gunanya Blog, menambah pengetahuan.. emangnya ada kota yang terang benderang terus..?? yang mati lampu banyak..

    mungkin karena sisa-sisa PON kali yah.. nih lagi jarang mati lampu..

    @ Rizka : tu tergantung dari penulisnya jua pang.. hihihi.. jangan hak gaktu jua.. keren kota etam ni..

    @ Raie : itu foto waktu pesta adat di tahun 2003.. selamat datang kembali di dunia blogshare..

    BalasHapus
  19. wah...wah...wah...dibayar brapa lo di... ama dinas pariwisata??? hehehehehe....gile lengkap amat penjabarannya, gue juga pernah nonton di trans tv about tenggarong dan kutai kartanegaranya itu, keren kotanya..., pas lagi liat acara itu aja gue langsung inget sama lo di,"ya ampun adi ganteng banget ya" wakakakakaka...., nggak lah.... "hidup tenggarong..."

    BalasHapus
  20. wahhh...kota nya keren..

    tapi jujur, baru denger kota Tenggarong...

    taunya cuma Tanggerang...

    hahaha...

    haduh sapa tuh CLBK...di fotonya malu2 kucing tuh...hahaha

    BalasHapus
  21. waaaah tempat wisata tenggarong oke punyaaa :D

    BalasHapus
  22. @suryowidiyanto : penjabarannya keren..?? masa..?? makasih2.. sebenarnya kotanya biasa aja sih.. gw aja yang lebay.. hahahahaha..!! sihir sang penulis..

    @Valkyrie Is Fakhrie : untung gw review, sekarang jadi tau kan loe..?? hihi..

    @jellypilot : wah.. kota gw dapat pujian..

    BalasHapus
  23. waoh, kalimantan emang eksotis!

    sebelum kuliah di luar kota, terutama kalo pengen masuk SR, jangan lupa buat mempelajari kebudayaan daerah lo sedalam dan seluas mungkin. u never know how much people attracted to our culture.

    BalasHapus
  24. bagus2...kota tenggarong klo lg malam...kayak kota besar aj...

    BalasHapus
  25. Its nice information,
    Bulan depan saya resmi akan domisili di Tenggarong.
    :)
    I hope it's a great city

    BalasHapus

Dikomen boleh. dipipisin yang jangan